Aquabike Jetski World Championship 2023, Catat Sejarah Baru di Danau Toba

Foto: Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sumut, Zumri Sulthony bersama Asisten Deputi Pengembangan Pariwisata Berkelanjutan Kemenko Marves Kosmas Harefa, Bupati Karo Cory Sebayang dan Direktur Pemasaran Injourney Maya Watono saat bincang-bincang Aquabike Jetski World Championship 2023 di Pos Bloc Medan, Jalan Pos No. 1, Medan.(foto. Diskominfo Sumut)

MEDAN.Ersyah.com l Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sumut Zumri Sulthony mengajak seluruh masyarakat untuk meramaikan arena balap event Aquabike Jetski Championship 2023, di empat kabupaten dan Pesta Rakyat Danau Toba pertama.

Sebab event tersebut akan mencatat sejarah baru di Danau Toba, karena akan dimeriahkan dengan berbagai acara sampingan (side event) yang luar biasa, yang tidak kalah besar dengan event utamanya.

“Masing-masing kabupaten telah mempersiapkan side event yang juga luar biasa. Misalnya di Samosir ada kompetisi Solu Bolon dengan hadiah total Rp250 juta, di Toba ada Pesta Rakyat dan di Karo ada pagelaran seni, serta penampilan band nasional,”kata Zumri Sulthony, Jum’at (17/11/23) usai acara Bincang Hangat Aquabike 2023 di Pos Bloc, Kesawan, Medan.

Zumri Sulthony menyebutkan, dengan banyaknya acara dibuat maka pengunjung juga dan berbagi persiapan sudah dilakukan.

“Ayo sama-sama kita ramaikan, rugi kalau event sebesar ini kita lewatkan, karena banyak event menarik yang digelar bersamaan dengan Aquabike Jetski World Championship,”ujarnya.

Zumri Sulthony juga mendorong pengusaha lokal di Kabupaten Karo, Dairi, Samosir dan Toba untuk mempersiapkan dengan baik produk atau layanan yang ditawarkan.

“Pengusaha lokal harus persiapkan dengan baik produk atau layanan, seperti hotel, homestay, restaurant, tempat makan, produk-produk UMKM dan lainnya sehingga pengunjung puas dan mau berlama-lama di Danau Toba,”ungkap Zumri Sulthony.

Menteri Pemuda dan Olahraga Dito Ariotedjo memastikan saat ini persiapan Aquabike Jetski Championship Danau Toba sudah matang. Ia berharap perpaduan olahraga dan pariwisata seperti Aquabike Jetski World Championship memberikan dampak besar kepada masyarakat.

“Ini contoh perpaduan yang sangat baik, belajar dari event sebelumnya yang sangat sukses (F1H20). Kita terus dorong event-event berskala internasional bukan hanya ke Danau Toba, tetapi juga ke seluruh Indonesia,” kata Dito secara virtual.

Sementara itu, Direktur Pemasaran In Journey Maya Watono mengatakan kompetisi Solu Bolon akan diselenggarakan pada 24 November 2023. Kompetisi ini diikuti peserta dari delapan kabupaten yang mengelilingi Danau Toba.

“Kompetisi Solu Bolon berbarengan dengan event internasional Aquabike Jetski World Championship merupakan upaya kami melestarikan tradisi masyarakat sekitar Danau Toba dan sekaligus memperkenalkannya ke dunia internasional,”sebut Maya.

Aquabike Jetski World Championship Danau Toba dimulai dari tanggal 22-26 November 2023, yang bakal diikuti 22 negara berpartisipasi dan melibatkan lebih dari 100 rider ditambah 200 official.

“Ada juga lima pembalap dari Indonesia, kita optimis semua event ini akan memberikan multiplier effect yang luas bagi Provinsi Sumatera Utara,” kata Maya.

Acara bincang hangat Aquabike 2023 itu turut dihadiri Bupati Karo Cory Sriwaty Sebayang, Asdep Pengembangan Pariwisata Berkelanjutan Kemenko Marves Kosmas Harefa. Hadir juga secara virtual Bupati Toba Poltak Sitorus, Bupati Dairi Eddy Keleng Ate Brutu dan Bupati Samosir Vandiko Timotius Gultom.(red01/RH)

iklan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

iklan