Grand FinalbDanau Toba Asia PRC Semangat Sport Tourism dan Sport Entertainment

Foto: Pejabat Gubernur Sumut Hassanudin didampingi sejumlah saat melepas peserta pembalap.(Diskominfo Sumut)

TOBA.Ersyah.com l Grand Final Danau Toba Asia Pasific Rally Championship (PRC) 2023, yang diselenggarakan di Kabupaten Toba adalah event yang menggabungkan olahraga dan hiburan dengan harapan mendorong sektor pariwisata di wilayah Sumatera Utara (Sumut). Ditambah lagi pembalap dari berbagai negara ikut meramaikan acara ini, diantaranya, Thailand, New Zeland, Portugal dan India.

“Acara ini bukan hanya tentang kejuaraan, tetapi juga semangat dan kerja sama menjadi bagian sport tourism dan sport entertainment,” kata Pejabat Gubernur Sumut Hassanudin, usai melepas pembalap, Jum’at (24/11/23) di Kaldera Normandic, Kabupaten Toba.

iklan

iklan

Menurutnya, event APRC merupakan yang kedua di Danau Toba, tahun lalu ada peningkatan okupansi penginapan sekitar 80%, dan ini memberikan dampak ekonomi signifikan ke masyarakat.

iklan

“Artinya event ini harus terus dilakukan agar memberikan dampak yang lebih besar,”ujar Hassanudin.

Ketua IMI Bambang Soesatyo menjelaskan , fasilitas untuk event ini bakal lebih baik, sebab dengan begitu, akan menarik lebih banyak wisatawan dan memungkinkan untuk event yang lebih besar.

“Tahun depan fasilitasnya lebih baik, jalan, ada hotel yang sedang dibangun saat ini, semoga tahun depan kita jadi tuan rumah WRC (World Rally Championship),”ucap Bambang Soesatyo yang juga Ketua MPR RI.

Ketua Panitia Harun Mustafa, Danau Toba APRC 2023 diikuti pembalap  top Asia Pasifik termasuk Indonesia. Dari Indonesia ada Sean Galael, Rifat Sungkar, Rian Nirwan, Subhan Aksa dan juga mantan Wakil Gubernur Sumut Musa Rajekshah.

“Awalnya kuota hanya 60 peserta, tetapi teman-teman dari Jakarta sudah bawa perlengkapan sehingga jadi 67,”ujar Harun Mustafa.

Grand Final Danau Toba APRC terus akan berlangsung selama 3 hari, dari 24-26 November. Sementara penyelenggaraan IMI National Rally Championship putaran ke-4, diikuti pembalap-pembalap nasional.(red01/RH)

iklan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *