Ribuan Wisatawan Nonton Aquabike World Championship di Danau Toba

Foto: Para pembalap Jetski saat bertarung di Danau Toba.(foto. Diskominfo Sumut)

MEDAN.Ersyah.com l Ribuan wisatawan dan masyarakat memadati kawasan waterfront Pangururan,yang menjadi salah satu lokasi balapan Aquabike World Championship 2023. Saat jetski-jetski peserta beradu cepat di lintasan sepanjang kurang lebih 1,5 km, sorak sorai penonton yang antusias pun riuh dari ujung ke ujung kawasan waterfront itu, Jum’at (24/11/23).

Di Samosir, merupakan penyelenggaraan hari ketiga. Tidak hanya balapan jetski, kompetisi solu juga memeriahkan rangakaian kejuaraan Aquabike ajang internasional.

Sejumlah warga Samosir mengaku senang diadakannya event internasional tersebut. Mereka berharap event-event akbar banyak diadakan di kawasan Danau Toba, selain menarik wisatawan, event juga merupakan penghibur masyarakat di Samosir.

“Senang ya, apalagi gratis untuk masyarakat, kami juga bangga Danau Toba sekarang menjadi pilihan penyelenggaraan event besar, masyarakat sangat mendukung,”ujar mereka.

Kejuaraan balapan, balap jetski kelas dunia ini boleh disebut sebagai pesta rakyat. Staf Khusus Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Arya Sinulingga menyebut event seperti Aquabike World Championship sangat penting bagi upaya peningkatan pariwisata Indonesia.

“Pariwisata tanpa event susah berkembang, langkah kita percepatan ini bukan sekali ini, ini lima tahun ke depan akan selalu ada (event), ini sudah ramai,” kata Arya.

Dalam kegiatan itu juga diselenggarakan kompetisi Solu Bolon antar 8 kabupaten sekawasan Danau Toba. Kompetisi tersebut sangat seru. Penonton juga bersorak sorai melihat kompetisi perahu tradisional asli Danau Toba.

Kepala Dinas Kominfo Sumut Ilyas S Sitorus mengatakan, penyelenggaraan Aquabike World Championship melibatkan banyak pihak, termasuk UMKM lokal. Ia berharap penyelenggaraan balapan jetski tersebut  bisa sukses dan berdampak positif pada  masyarakat lokal.

“Seperti tadi ternyata penonton ramai sekali, waterfront padat, ada jetski dan ada juga kompetisi solu bolon,”ungkap Sitorus.(red01/RH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

iklan