Pj Gubsu Sebut Pengunjung Aquabike Danau Toba Dekati Target 100 Ribu Orang

Foto: Pejabat Gubernur Sumut Hassanudin dan berbagai pemangku kepentingan dalam event Aquabike Jetski World Championship 2023 diabadikan bersama disela-sela konferensi pers.(foto. Diskominfo Sumut)

TOBA.Ersyah.com l Selama tiga hari penyelenggaraan (22-24 November), progres pencapaian event Aquabike Jetski World Championship 2023 di kawasan Danau Toba sukses, dengan tingkat okupansi hotel selama penyelenggaraan pun rata rata penuh.

“Jumlah pengunjung ditaksir sudah mendekati target sebanyak 100 ribu orang,”sebut Pejabat Gubernur Sumut Hassanudin saat jumpa pers, Sabtu (25/12/1/23) di Media Center Aquabike, Balige.

iklan

iklan

Hassanudin, selain jumlah pengunjung, keterlibatan UMKM masyarakat yang banyak juga menjadi fokus target Pemprov Sumut.

iklan

“Kami panitia daerah bukan hanya banyak pengunjung yang datang tapi bagaimana bisa melibatkan masyarakat dalam kegiatan ini juga sama penting, ini suatu kolaborasi budaya,”kata Hassanudin.

Event Aquabike merupakan kesempatan bagi Danau Toba untuk menyajikan kebudayaan, kuliner dan UMKM pada pengunjung.

“Event inilah kesempatan kami menunjukkan potensi Sumut, dengan harapan ke depannya ada tambahan flight (menuju Silangit),”ungkapnya.

Hassanudin bersyukur Danau Toba menjadi tuan rumah penyelenggaraan event internasional seperti F1 Powerboat dan Aquabike, sehingga membuka pintu untuk meningkatkan kegiatan ekonomi kreatif. Kolaborasi antara Pemprov Sumut dan Pemkab selama penyelenggaraan menjadi modal dasar untuk menyelenggarakan kegiatan serupa ke depan.

“Ini pengalaman pertama yang berharga,kami kira cukup menjadi landasan untuk menyukseskan event berikutnya,”tuturnya.

Hassanudin juga mengatakan mempromosikan Danau Toba menjadi tanggung jawab seluruh pihak.

“Jangan lupa Danau Toba ini milik kita bersama, kalau wisata ke Sumut aja, belum ke Indonesia, kalau belum ke Sumut kalau belum ke Danau Toba,” ucapnya.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno menerangkan, Danau Toba dinobatkan sebagai venue Aquabike dan Powerboat terbaik dunia oleh asosiasi olahraga air H2O. Selain itu, penyelenggaraan event Aquabike pun disebut sebagai yang terbaik.

 “Aquabike ini (seri Danau Toba) unik, selain ada 8 juara (penghargaan) yang akan diserahkan, tapi jadinya ada tambahan untuk Danau Toba sebagai venue terbaik dunia,”kata Sandiaga Uno.

Founder H2O Racing Nicolo Di San Germano mengakui Danau Toba sebagai salah satu venue terbaik dunia. Apalagi Danau Toba sangat menarik dan unik, dan tidak tertutup kemungkinan Danau Toba menjadi tempat pelatihan untuk Aquabike dan F1 Powerboat.

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo kejuaraan Aquabike bisa menjadi peluang Indonesia untuk pengembangan atlet jetski nasional. Sebab kegiatan tersebut membuka peluang atlet nasional Indonesia untuk meningkatkan kemampuan di dalam negeri.

“Dampak dari Aquabike ialah meningkatnya industri olahraga air, khususnya jetski serta pembinaan atlet ke depannya,”sebut Dito.(red01/RH)

iklan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *