Pj Gubsu dan Ketua Bawaslu Teken Kesepakatan Pemilu Damai

Foto: Pejabat Gubernur Sumut Hassanudin saat menandatangani kesepakatan menjalani Pemilu Damai.(foto. Diskominfo Sumut)

MEDAN.Ersyah.com l Apel siaga pengawasan tahapan kampanye pemilihan umum (Pemilu) tahun 2024 dilaksanakan, Rabu (29/11/23) di Lapangan Istana Maimun, Jalan Brigjend Katamso Medan, Provinsi Sumatera Utara (Sumut).

Dalam kegiatan itu Pejabat (Pj) Gubernur Sumut Hassanudin bersama Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Sumut M Aswin Diapari Lubis menandatangani kesepakatan menjalankan Pemilihan Umum (Pemilu) Damai 2024.

iklan

iklan

“Ini merupakan upaya kita dalam mengajak masyarakat untuk menyukseskan rangkaian pesta demokrasi dengan damai, yang merupakan kebahagiaan kita semua,”ujar Hassanudin.

iklan

Bertepatan hari KOPRI ke-52, kata Hassanudin, ini merupakan momen bagi ASN untuk bersyukur, introspeksi, evaluasi dan mengabdi sebagai abdi masyarakat. Terkait Pemilu 2024, ASN akan bersikap netral, tidak memihak kemana-mana, sesuai dengan komitmen dan regulasi. Karena setiap kegiatan apabila sudah ditentukan regulasi dan komitmen pasti mempunya sanksi. Mulai dari sanksi ringan sampai kepada pidana, akan diserahkan sesuai dengan hukum yang berlaku.

“Hingga saat ini, belum ditemukan pelanggaran yang dilakukan ASN terkait penyelenggaraan Pemilu 2024. ASN orangnya baik-baik, taat, bisa jadi panutan masyarakat. Mereka mengabdi sesuai nurani masing-masing,”kata Hassanudin.

Menurutnya, Pemilu 2024 merupakan tonggak penting proses demokrasi dan perjalan panjang sejarah Pemilu. Memiliki kompleksitas, dinamika yang tinggi, serta terumit, karena pertama kalinya dilaksanakan secara serentak di tahun yang sama.

“Untuk itu perlu usaha dan kerja keras agar Pemilu yang merupakan pesta demokrasi terlaksana dengan penuh kegembiraan dan kebersamaan. Karena, Pemilu bukan hanya tugas penyelenggara dan pemerintah, namun tugas kita semua untuk menjaga keamanan, ketertiban, dan kelancaraan proses demokras sukses pelaksanaannya,”ucap Hassanudin.

Sementara itu, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Sumut Ardan Noor menyebutkan, apel siaga pengawasan kampanye yang dilaksanakan pada hari ini momentum penting dan bentuk kesiapan semua, khususnya Bawaslu untuk menciptakan Pemilu aman, damai, jujur dan adil, dalam kehidupan demokrasi di Indonesia khususnya di Sumut.

“Diharapkan kegiatan ini tidak hanya formalitas, namun semua yang hadir saat ini memiliki tanggungjawab yang sama untuk mengawasi setiap tahapan Pemilu dan Pilkada tahun 2024 dapat berjala baik dalam rangka meningkatkan kualitas demokrasi di Indonesia, khususnya Sumut,” ujarnya.

Apel juga turut dihadiri Sekda Sumut Arief S Trinugroho, Ketua Bawaslu Sumut M Aswin Diapari Lubis, Bawaslu seluruh kabupaten/kota, mahasiswa, perwakilan partai politik dan stakeholder.

Ketua Bawaslu Sumut M Aswin Diapari Lubis menyampaikan, Bawaslu Sumut sudah memerintahkan jajarannya yang ada di 33 kabupaten/kota untuk mengawasi seluruh pelaksanaan kampanye.

Menyangkut alat peraga kampanye (APK) dan harus sesuai dengan regulasi yang diatur peraturan KPU dan Bawaslu. “Kalaupun ada APK yang di luar ketentuan regulasi akan ditindak oleh Bawaslu di seluruh kabupaten/kota,” ucapnya.(red01/RH)

iklan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *