Sosialisasi Program Bangga Kencana Sumut

Foto: Pejabat Ketua TP PKK Sumut Dessy Hassanudin bersalaman dengan pengurus TP PKK yang hadir dalam sosialisasi program Bangga Kencana.(foto. Diskominfo Sumut)

MEDAN.Ersyah.com l Pelaksanaan Program Pembangunan Keluarga Kependudukan dan Keluarga Berencana (Bangga Kencana) adalah program yang berfokus dan menjadikan keluarga sebagai sandaran pembangunan. Program ini mengarahkan bagaimana keluarga mempunyai rencana berkeluarga, mempunyai anak, mempunyai pendidikan dan terbentuk keluarga yang berkualitas.

“Peran aktif PKK dalam menggerakkan Program Bangga Kencana sejalan dengan 10 program pokok PKK, ini bisa disinergikan, bagaimana mewujudkan keluarga berkualitas dan sehat,”kata Pejabat (Pj) Ketua TP PKK Sumatera Utara (Sumut) Dessy Hassanudin saat membuka sosialisasi Bangga Kencana, Rabu (29/11/23) di Hotel Le Polonia, Jalan Sudirman Nomor 14 Medan.

Kolaborasi antara Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) dan Dinas Kesehatan Sumut merupakan langkah strategis yang dianggap efektif dalam menyukseskan Program Bangga Kencana di Sumut, melalui kader-kader PKK yang tersebar di seluruh Indonesia, hingga pelosok desa.

“Melalui kerja kolaborasi bersama seluruh steakholder, program pemberdayaan masyarakat melalui Program Bangga Kencana di Kabupaten/Kota se-Sumut akan tercapai sesuai dengan yang diharapkan,”ujar Dessy.

Kepala Perwakilan BKKBN Sumut  Munawar Ibrahim mengatakan, Program Bangga Kencana berfokus untuk mewujudkan keluarga yang berkualitas. Salah satu programnya, yaitu penurunan stunting yang juga menjadi program strategis nasional, yang ditetapkan oleh Presiden RI.

“Berdasarkan Survei Status Gizi Indonesia  (SSGI) Tahun 2021, angka prevalensi stunting di Sumut 25,8 % dan turun menjadi 21,1 % di tahun 2022. Dalam artian mengalami penurunan sebesar 4,7 %. Jadi Program Bangga Kencana diharapkan bisa mendukung capaian target penurunan stunting di Sumut hingga 18,55 % sesuai  RPJMD Sumut tahun 2023,” harapnya

Menurutnya, capaian ini diperlukan sinergi program dan kegiatan atara BKKBN, PKK dan Dinas Kesehatan,  sehingga capaian Bangga Kencana dan percepatan penurunan stunting di Sumut bisa terwujud.

Kegiatan tersebut juga dihadiri Ketua PKK Kabupaten/Kota se-Sumut, Ketua Juang Kencana Sumut Budiman Ginting, dan Ketua  Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Sumut Betty Mangkuji.(red01/RH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

iklan