Mukerda 1 dan Pelantikan MUI Barubara 

Foto: Ketua Umum MUI Batubara H.M Hidayat LC MA saat menyampaikan sambutan usai dilantik.(ersyah/mn)

BATUBARA.Ersyah.com l Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Batubara melaksanakan Musyawarah Kerja Daerah (Mukerda) I sekaligus Pelantikan pengurus harian dan pengurus komisi masa khidmat tahun 2023 – 2028, Selasa (5/12/23) di Pendopo Perjuangan Zahir Dusun VII Desa Empat Negeri, Kecamatan Datuk Lima Puluh, Kabupaten Batubara, Sumatera Utara.

Hadir dalam kegiatan, Ketua MUI Sumatera Utara diwakili Sekretaris Umum Prof DR. H.Asmuni MA dan rombongan, Bupati Batubara Ir H Zahir MAP, Kepala Kantor Kementeriann Agama Batubara H Skoanda Siregar SAg, mewakili Kapolres Batubara Kasat Binmas, mewakili Dandim 0208/Asahan , mewakili Kajari Batubara dan pengurus ormas Islam Batubara.

Pelantikan diawali penanda tanganan naskah pelantikan oleh Sekretaris MUI Sumut dan Ketua MUI Batubara H.M.Hidayat LC MA disaksikan Bupati Batubara, Kakan Kemenag Batubara dan penyerahan SK pengurus.

H.M.Hidayat LC MA dalam sambutannya mengatakan, kedepannya tugas MUI yang baru dilantik sangat berat karena ulama merupakan pewaris para nabi yang ditugaskan di dunia membawa umat, dimana kita harus menjaga perilaku ditengah masyarakat dan akan dituntut oleh masyarakat.

“Kita jangan seperti anggapan masyarakat bahwa pengurus MUI itu hanya menjadi pembaca doa, namun harus mampu bekerja sama dengan instansi terkait disegala tingkatan. Serta melahirkan kesejukan,”pinta Hidayat.

Ia juga menyebutkan, sampai saat ini hubungan MUI dan Pemerintah Kabupaten Batubara tetap berjalan baik dan cukup mesra, Bahkan Bupati cukup memberi perhatian terhadap MUI.

“Kalau dikumpulkan hari ini semua total anggota MUI ada 700 orang, namun karena ada keterbatasan dana, kita yang hadir ini, kurang lebih 200 orang, dari Kabupaten dan empat orang dari kecamatan,”sebut Hidayat.

Hidayat juga berharap sinergitas yang telah terbangun antara pemerintah Kabupaten Batubara dan MUI dapat terus terjaga.

“Kami doakan semoga Kabupaten Batubara dalam keadaan aman, kondusif, pada pelaksanaan pemilu serentak tahun 2024. Saya minta seluruh pengurus agar tidak membawa bawah nama lembaga pada Pemilu nanti, lembaga ini netral tidak berpihak kemana -mana. Namun bila ada orang perorang yang ikut dalam politik silahkan, asal tidak membawa nama lembaga,”tukas Hidayat.

Sementara itu, Bupati Batubara Ir H Zahir MAP yang juga Ketua Dewan Pertimbamgan MUI Batubara mengajak seluruh pengurus untuk meningkatkan ukhuwah islamiyah ditengah masyarakat.

“Banyak saya lihat Wartawan yang tergabung dalam kepengurusan MUI Batubara ini, saya yakin ini akan menjadi corong humas dan kumunikasi sehingga akan menjadi dorongan pelaksanaan segala tugas MUI ditengah masyarakat,”ucap Zahir.

Bupati dalam kesempatan itu sempat berucap akan berupaya membangun kantor MUI di sekitaran lahan kantor Bupati Batubara.

“Tahun ini saya tak bisa janji, karena masa jabatan saya berakhir pada tanggal 27 Desember 2023 tahun ini. Insya Allah tahun depan Pemkab Batubara akan membangun kantor MUI Batubara,”janji Zahir.

Usai pelantikan, pengurus MUI melaksanakan musyawarah kerja daerah (Mukerda) 1, dengan agenda menyusun program kerja.

Prof DR H Asmuni MA  dalam sambutan saat membuka Mukerda menyampaikan apresiasi dan terimakasih kepada semua pihak yang mendapat bantuan penuh dari Pemkab Batubara.

“Pelantikan ini berdasarkan surat keputusan Nomor Kep-075/DP-DP/II/X/2023,”terang  H Asmuni.(red01/mn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

iklan