Saat Terima Komisi II DPR RI, Pj Gubernur Sebut Tahapan Pemilu Sumut Berjalan Baik

Foto: Pejabat Gubernur Sumut Hassanudin saat bertukaran cendramata dengan Ketua Komisi II DPR-RI Ahmad Doli Kurnia Tanjung.(foto. Diskominfo Sumut)

MEDAN.Ersyah.com l Tahapan-tahapan Pemilihan Umum (Pemilu) di Sumatera Utara (Sumut) dipastikan berjalan dengan baik, meski demikian tetap perlu ada kewaspadaan, terutama beberapa bulan ke depan.

“Walau secara umum berjalan baik, namun ada beberapa catatan yang perlu menjadi perhatian, seperti kerawanan keamanan di masa kampanye, informasi hoaks di sosial media dan konflik,”kata Pejabat Gubernur Sumut Hassanudin saat terima kunjungan Komisi II DPR RI, Rabu (6/12/23) di Kantor Gubernur Sumut, Jalan Diponegoro, Nomor 30, Medan.

Disebutkan, indeks kerawanan real time dalam kategori sedang, tetapi perlu kewaspadaan kita menyikapi dinamika yang berkembang saat ini, terutama mendekati hari Pemilu. Untuk itu seluruh masyarakat bisa berpartisipasi dalam Pemilu tahun ini, bukan hanya secara kuantitas, tetapi juga secara kualitas. Sehingga dengan begitu, yang terpilih nantinya benar-benar hasil dari pemilih yang objektif.

“Ayo sama-sama kita sukseskan Pemilu kali ini, tingkatkan partisipasi dengan objektivitas memilih, pilihlah dengan rasional, tidak tergiur politik uang, kampanye hitam dan lainnya,”ucap Hassanudin.

Hassanudin berharap masyarakat bijak dalam menggunakan media sosial baik menerima atau menyebarluaskan informasi. Hal ini perlu diperhatikan masyarakat jelang Pemilu.

“Harus bijak dalam menggunakan media sosial, bila melihat ada yang berpotensi memicu kerawanan segera laporkan, sehingga Pemilu bisa berjalan dengan aman dan damai,”pintanya.

Dalam kesempatan itu, Ketua Komisi II DPR RI Ahmad Doli Kurnia Tanjung menyampaikan, ada empat indikator kesuksesan Pemilu yaitu, tahapan berjalan baik, tingkat partisipasi secara kuantitatif dan kualitatif, tidak adanya konflik dan berjalannya program-program pemerintah.

“Sukses, bila kita memenuhi keempat indikator tersebut. Saat ini tahapan Pemilu memasuki masa kampanye, ada 66 hari lagi menjelang Pemilu dan ini masa-masa yang rawan, kita perlu waspada, dinamikanya harus tetap dijaga, tidak sampai menimbulkan kericuhan,” kata Ahmad Doli Kurnia Tanjung.

Pertemuan itu juga dihadiri Kapolda Sumut Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi, Deputi Bidang Teknis KPU RI Eberta Kamewa, Dirjen Survei Pemetaan Pertanahan dan Ruang Virgo Eresta Jaya, Ketua KPU Sumut Agus Arifin, Ketua Bawaslu Sumut M Aswin Diapari Lubis serta anggota Komisi II DPR RI.(red01/RH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

iklan