Pj Gubernur Harap Lewat IWAG Lahir Atlet Berprestasi Sumut

Foto: Pejabat Gubernur Sumut Hassanudin saat membuka kejuaraan kompetisi Indonesia Wushu All Geme (IWAG) tahun 2023.(foto. Diskominfo Sumut)

MEDAN.Ersyah.com l Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Hassanudin mengharapkan lewat kompetisi Indonesia Wushu All Game (IWAG) ingin lebih banyak lagi lahir atlet Wushu berprestasi dari Sumut.

“Atlet-atlet Wushu dari Sumut sudah tidak diragukan lagi prestasinya, tetapi tentu kita ingin ini terus dipertahankan dan ditingkatkan karena itu butuh pembinaan dari sejak kecil dan kompetisi-kompetisi seperti ini bisa menjadi filter,” kata Hassanudin usai membuka Wushu All Game 2023, Minggu (10/12/23).

Pembukaan juga dihadiri diantaranya Ketua KONI John Ismadi Lubis, Ketua Pengprov PBWI Sumut Suripno Ngadimin, Kadispora Sumut Baharuddin Siagian. Tokoh Wushu dan Taichi Nasional Supandi Kusuma dan Pengprov PBWI se-Indonesia.

Event IWAG tersebut merupakan yang ketiga, setelah diselenggarakan perdana pada tahun 2020 di Jakarta.

Kali ini atlet-atlet Wushu dari berbagai daerah juga terlihat mengikuti IWAG 2023 yang di selenggarakan di GOR Dispora Sumut, Jalan Williem Iskandar, Medan.

Hassanudin yang juga pernah menjadi pembina Wushu di Jakarta itu menyebutkan, kejuaraan ini juga bisa menjadi bahan evaluasi atlet dan pelatih, untuk mengetahui perkembangan kemampuannya dan juga kemampuan lawan-lawannya.

“Kejuaran ini bisa kita pakai sebagai alat ukur mengevaluasi atlet, sampai mana kemajuan yang sudah kita dapat dan  menjadi try out bagi mereka sehingga terbiasa dengan kompetisi-kompetisi besar,”tukas Hassanudin,

Sementara itu, Sekjen Pengurus Besar Wushu Indonesia (PBWI) Ngatino menerangkan, pihaknya berkomitmen kuat membina atlet olahraga bela diri. Apalagi, Wushu telah banyak menorehkan prestasi berskala internasional.

Agustus 2023 lalu, Timnas Junior Wushu Indonesia menyabet 6 emas, 14 perak dan 10 perunggu pada Asia Junior Championship 2023 di Macau. Sea Games Kamboja, Indonesia menjadi juara umum cabor ini dengan 6 emas, 6 perak dan 2 perunggu.

“Luar biasa prestasi Wushu kita dan atlet Sumut salah satu yang ikut menorehkan prestasi tersebut, tidak diragukan lagi hasil dari pembinaan Wushu di Sumut,”papar Ngatino.

Bendahara KONI Pusat Kemas Ilham Akbar mengatakan, Indonesia menargetkan masuk 5 besar pada Olimpiade 2024 dan Wushu salah satu cabor yang menjadi andalan. Karena itu, kompetisi yang dibuat sangat penting untuk menyaring atlet berbakat.

“Kompetisi sangat penting untuk penyaringan dan pembinaan, target kita bisa masuk 5 besar Olimpiade,” kata Kemas.

Ketua panitia Harianto, Indonesia Wushu All Game 2023 ada tiga kompetisi yang diselenggarakan yaitu, Sirkuit Basional Wushu Junior Final Stage, kejuaraan Santa Junior, Pra Junior dan Sumut Open Wushu Taolu Championship. Sebanyak 419 atlet mengikuti dari berbagai provinsi yang merupakan hasil penyaringan dari season sebelumnya.

“Ada 419 peserta dari berbagai provinsi yang mengikuti kejuaraan ini dan itu merupakan hasil penyaringan dari season sebelumnya, kita harap para peserta bisa memberikan penampilan terbaiknya,” kata Harianto.(red01/RH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

iklan