Event PON XXI 2024 Aceh Sumut, Diskominfo Pastikan Kesiapan TIK

Foto: Kepala Diskominfo Sumut Ilyas S Sitorus saat paparan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi.(foto. Diskominfo Sumut)

MEDAN.Ersyah.com l Upaya suksesan penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI tahun 2024, Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Sumatera Utara (Sumut) pastikan kesiapan bidang teknologi informasi dan komunikasi (TIK).

“Teknologi Informasi dan Komunikasi kita manfaatkan, karena berperan penting dalam menyukseskan event nasional ini, baik sukses penyelenggaraan, sukses prestasi, sukses pemberdayaan ekonomi rakyat, sukses administrasi dan sukses pemanfaatan fasilitas PON XXI 2024 Aceh Sumut,”kata Kepala Diskominfo Sumut Ilyas S Sitorus, Rabu (13/11/23) di Hotel Santika, Jalan Kapten Maulana Lubis, Medan.

Dalam Forum Group Discussion (FGD) Sukses Penyelenggaraan PON XX1 2024 Aceh-Sumut, Ilyas memaparkan, manfaat TIK akan terasa apabila dilakukan secara optimal, dan PON juga dapat menjadi lebih efisien, terorganisir dan memberikan pengalaman lebih baik bagi semua pihak yang terlibat.

iklan

“Pastinya kita ingin kesan yang baik bagi para atlet, official dan para tamu lainnya yang datang ke Sumut. Kita ingin setelah pulang kesan baiknya itu yang diceritakan orang, sehingga nantinya mereka bisa kembali lagi ke Sumut, yang juga meningkatkan pertumbuhan ekonomi kita,”ujar Ilyas.

Diskominfo Sumut menurut Ilyas, memastikan kesiapan publikasi mengenai PON di Sumut. Ada beberapa bentuk media yang digunakan mulai dari iklan di media cetak maupun elektronik, baliho di beberapa titik di Indonesia, hingga media sosial dan website.

“Kita sudah mulai mengkomunikasikan informasi PON ke seluruh elemen masyarakat, mengenai penyelenggaraan PON di Sumut. Kita juga membuat iklan di videotron Jakarta dan beberapa lokasi lain termasuk di bandara,”papar Ilyas.

Program TIK yang disiapkan dalam penyelenggaraan PON diantaranya Aplikasi PON, infrastruktur, akses internet, kesiapan sumber daya manusia, serta standar operasionalnya.

Kepala Dinas Kepemudaan dan Keolahragaan Sumut Baharuddin Siagian  menyampaikan, di Sumut ada 34 cabang olahraga dengan 602 nomor pertandingan. Sumut memiliki 40 venue yang tersebar di 9 kabupaten/kota yang akan digunakan untuk pertandingan dan sekitar 13 ribu orang yang akan hadir di Sumut.

“Target kita sukses pemanfaatan fasilitas pasca event, inilah legacy untuk sumut, legacy pon kita 2024 itu Sumut Sport Center, kedua adalah prestasi, kalau ini prestasi oke, pemanfaatan fasiltas oke, maka itulah legacy untuk kita,”ungkap Baharuddin.(red01/RH)

iklan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *