Sepanjang 2023, BNN Batubara Ungkap 12 Kasus, 19 Tersangka

Foto: Kepala BNN Kabupaten Batubara Ir Pinondang Poltak Marganda MSi didampingi jajarannya saat memberi paparan kepada wartawan.(ersyah/mn)

BATUBARA.Ersyah.com l Sepanjang tahun 2023, Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Batubara berhasil mengungkap 12 kasus tindak pidana penyalahgunaan narkoba dengan 19 orang tersangka.
“Barang bukti sepanjang tahun 2023 adalah sebanyak 163,62 gram narkotika jenis sabu dan sejumlah barang bukti non narkotika lainnya,”ungkap Kepala BNN Kabupaten Batubara Ir Pinondang Poltak Marganda MSi, Kamis (21/12/23) kepada wartawan di Kantor BNN,Jln Lintas Sumatera, Sei Balai, Kecamatan Sei Balai, Kabupaten Batubara, Sumatera Utara.
Pinondang Poltak Marganda didampingi staf jajarannya menyampaikan, melalui program Pencegahan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN) BNN Batubara terus berupaya dari seksi Pemberantasan BNN bekerjasama dengan Polres Batubara, Kejaksaan Negeri Batubara dan Balai Pemasyarakatan Labuhan Ruku yang terbentuk dalam Tim Asesmen Terpadu(TAT) telah melaksanakan kegiatan asesmen terpadu dengan capaian sebanyak 189 orang.
“Adapun kasus yang telah dinyatakan lengkap oleh Kejaksaan Negeri Batubara, maka tersangka dan barang bukti telah diserahkan kepada Jaksa Penuntut Umum (JPU) untuk proses hukum selanjutnya,”ujar Pinondang.
Dijelaskan, tahun 2023 melalui Seksi Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat (P2M) BNN juga telah dibentuk Desa Bersinar (Bersih Narkoba) yang mencanangkan Desa Binjai Baru, Desa Sumber Tani dan Desa Suka Ramai sebagai desa percontohan untuk program P4GN dengan melibatkan dukungan Pemerintah Tingkat Desa sampai Kabupaten.
Kemudian, BNN juga telah membentuk Remaja Teman Sebaya (RTS) guna menangkal penyalahgunaan narkoba dikalangan remaja. RTS ini dibentuk berjumlah 100 pelajar terpilih yang berasal dari 10 sekolah tingkap SMP & SMA Sederajat di wilayah Desa Bersinar yang sudah ditetapkan.
“Kita juga telah melaksanakan tes urine narkoba kepada 250 pegawai pemerintah yang berasal dari sejumlah Instansi vertikal dan OPD Pemerintah Kabupaten Batubara,”katanya.
Pinondang juga menyebutkan, telah melaksanakan tes urine narkoba di instansi Pendidikan sebanyak 150 siswa-siswi dari sejumlah SMA di wilayah Kabupaten Batubara. Dan melalui kegiatan Seksi Rehabilitasi BNN selama tahun 2023 telah membentuk dan mengkoordinir 8 orang Agen Pemulihan (AP) melalui program Intervensi Berbasis Masyarakat (IBM) di dua desa yakni, Desa Binjai Baru dan Desa Sumber Tani Kecamatan Datuk Tanah Datar. Dengan jumlah klien 10 pecandu pemula yang berhasil pulih.
Seksi Rehabilitasi juga melaksanakan layanan rawat jalan di Klinik BNN Kabupaten Batubara yang berjumlah 20 orang klien secara gratis.
Kepala BNN Kabupaten Batu Bara menambahkan,
“Kita telah laksanakan rehabilitasi extraordinary kepada 8 orang yang terjaring razia dan telah melaksanakan pemeriksaan narkotika sebanyak 200 orang pemohon Surat Keterangan Hasil Pemeriksaan Narkotika (SKHPN),”paparnya
Kepada wartawan Pinondang berharap dan mengajak seluruh elemen lapisan masyarakat, pemerintah daerah dan stakholder terkait di Kabupaten Batubara untuk ikut serta bersinergi mensukseskan program P4GN menuju Batubara Bersinar (Bersih Narkoba).(mn)

iklan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *