Pj Gubernur Pastikan Persiapan Pemilu 2024 Sumut Sesuai Tahapan

Foto; Pejabat Gubernur Sumut Hassanudin saat menandatangani Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) Dana Pengamanan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumut 2024, disaksikan Kapolda Sumut Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi dan Pangdam I/BB Mochammad Hasan Hasibuan.(foto. Diskominfo Sumut)

MEDAN.Ersyah.com l Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Hassanudin memastikan persiapan tahapan Pemilu 2024 Sumut sudah sesuai tahapan.

Saat ini, KPU masih dalam proses distribusi logistik ke setiap daerah.

“Bersama KPU, Bawaslu, Polda, Kodam I/BB dan DPRD, kita sinergi dan memastikan tahapan Pemilu ini berjalan baik, sama-sama kita agar proses ini tidak terkendala sesuai dengan peraturan yang berlaku,”kata Hassanudin saat Rapat Koordinasi (Rakor) Forum Koodinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), Komisi Pemilihan Umum (KPU), Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sumatera Utara (Sumut), Monitoring Tahapan Pemilu 2024, Kamis (4/1/2024) di Kantor Gubernur Sumut, Jalan Diponegoro Nomor 30, Medan.

iklan

Dalam pertemuan itu, Hassanudin juga mengatakan pentingnya upaya pencegahan yang menggangu kondusivitas di Sumut. Apalagi saat ini mendekati akhir masa kampanye Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden 2024.

“Ayo sama-sama kita jaga kondusivitas Sumut, jangan mudah terpancing isu-isu yang belum tentu kebenarannya jelang akhir masa kampanye ini,”pintanya.

Hasanudin berharap, KPU, Bawaslu dan Forkopimda dan semua pihak terus bersinergi mewujudkan Pemilu yang aman dan damai. Apalagi, menurutnya, beberapa kejadian pada proses Pemilu yang sempat menyita perhatian publik secara nasional.

“Apa yang terjadi di luar Sumut bisa juga terjadi di sini, atau sebaliknya, malah kita yang jadi pemicunya, untuk itu butuh sinergi kuat mengantisipasi hal-hal yang tidak kita inginkan,”ucap Hassanudin.

Kapolda Sumut Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi menyampaikan, biasanya suasana akan semakin menghangat jelang akhir kampanye. Namun pihaknya memastikan, Polri dan TNI tetap fokus untuk menciptakan suasana yang kondusif.

“Kampanye sebentar lagi berakhir dan biasanya akan semakin hangat, tetapi tentu kita sudah mempersiapkan untuk menghadapi semua kemungkinan, memitigasi hal-hal yang bisa mengganggu pesta demokrasi ini,”ungkap Irjen Pol Agung.

Ketua KPU Sumut Agus Arifin memaparkan, tahapan distribusi logistik Pemilu akan berakhir pada 15 Januari 2024. Pada tanggal tersebut, seluruh logistik Pemilu harus sampai ke tiap TPS di Sumut.

“Batas akhirnya 15 Januari semua harus sudah sampai ke masing-masing TPS di Sumut, kita sangat berterima kasih kepada TNI dan Polri yang terus melakukan pengamanan selama proses ini,”kata Agus Arifin.

Sementara itu, Ketua Bawaslu Aswin Diapari Lubis menyebutkan, selain proses distribusi logistik, pihaknya juga mengawasi perekrutan Petugas Pengawas TPS Pemilu.

“Ada kurang lebih 5.000 TPS di Sumut, jadi kebutuhan pengawas TPS sekitar 99.000, kita sedang mengawasi itu dan juga memonitor pendistribusian logistik,”jelas Aswin.

Rakor dirangkai dengan penandatanganan Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) Dana Pengamanan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumut 2024.

Hadiri dalam kegiatan itu, Pangdam I/BB Mochammad Hasan Hasibuan, Sekdaprov Sumut Arief S Trinugroho, Wakil Ketua DPRD Sumut Rahmansyah Sibarani, unsur Forkopimda, Staf Ahli Gubernur Bidang Hukum, Politik dan Penerintahan Effendy Pohan, Kepala Dinas Kominfo Sumut Ilyas S Sitorus, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Ardan Noor serta OPD terkait lainnya.(red01/RH)

iklan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *