Pj Gubernur Sumut Minta Program Kerja OPD dan PKK Disinkronkan

Foto: Pejabat Gubernur Sumut Hassanudin saat menghadiri Rakor program kerja bersama OPD.(foto. Diskominfo Sumut)

MEDAN.Ersyah.com l Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Hassanudin meminta agar setiap program kerja yang direncanakan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Sumut, semakin disinkronkan. Sehingga tujuan yang akan dicapai untuk pembangunan Sumut, cepat tercapai dan lebih efisien.

“Program kerja PKK merupakan satu indikator keberhasilan dalam pencapaian program OPD, karena bagian dari pembangunan nasional yang perlu terus dipacu dan dipercepat, sesuai dengan dinamika perkembangan masyarakat,”ujar Hassanudin saat menghadiri rapat koordinasi (Rakor) program kerja TP PKK Sumut bersama OPD, Rabu (10/12024) di Rumah Gubernur Sumut, Jalan Jenderal Sudirman Nomor 41 Medan.

Hassanudin juga meminta masukan dan saran kepada setiap OPD yang hadir agar program kerja yang sudah dibuat TP PKK Sumut, lebih baik.

“Ini sebenarnya program OPD melalui perpanjangan PKK sebagai mitra kerja dengan menyinkronkan program kerja. Saya yakin juga setiap OPD sudah menyiapkan program masing-masing,” katanya.

Program pokok PKK yang diketahui, penghayatan dan pengamalan Pancasila, gotong-royong, pangan, sandang, perumahan dan tata laksana rumah tangga, pendidikan dan keterampilan, kesehatan, pengembangan kehidupan berkoperasi, kelestarian lingkungan hidup, dan perencanaan sehat.

Dalam kegiatan itu, Pj Ketua TP PPK Sumut Dessy Hassanudin mendukung OPD sangat penting dalam upaya menyukseskan program kerja TP PKK Sumut. Karenanya setiap OPD ikut mendampingi saat akan melakukan supervisi, monitoring dan evaluasi, sesuai bidangnya.

“Gerakan PKK bertujuan untuk memberdayakan dan meningkatkan kesejahteraan keluarga. Keluarga sebagai unit terkecil dalam masyarakat mempunyai arti penting dalam proses pembangunan, karena kondisi keluarga dapat menjadi barometer bagi kesejahteraan masyarakat pada umumnya,”ungkapnya.

Dessy menyebutkan, gerakan PKK selalu berupaya menata dan meningkatkan kualitas kinerja, agar lebih profesional dengan memanfaatkan segala sumber daya yang ada, agar berhasil dan berdaya guna.

Kepala Dinas Pendidikan Sumut Asren Nasution menyambut baik apa yang menjadi program PKK dan siap kolaborasi program kerja PKK dengan OPD.

“Kami siap menjadi mitra dalam menjalankan program kerja, di Sumut ada ratusan pelajar SMK dan sekolah yang mempunyai kompetensi unggul. Seperti di SMK Negeri 3 Medan, siswanya sudah bisa memproduksi sabun mandi. Tentunya kompetensi begini bisa disinergikan dengan memberikan pelatihan kepada PKK yang ada di kabupaten/kota,”tutur Asren.(red01/RH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

iklan