Pj Gubernur Sumut Harapkan Alun-alun Nias Utara Jadi Sentra Ekonomi Baru

Pejabat Gubernur Sumut Hassanudin menandatangani prasasti peresmian alun-alun Nias Utara.(foto. Diskominfo Sumut)

NIAS UTARA.Ersyah.com l Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Hassanudin harapkan Alun-alun Kabupaten Nias Utara yang pembangunannya dibiayai Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumut, bisa menjadi sentra ekonomi baru di kabupaten ini.

“Yang kita harapkan alun-alun ini selain bisa menjadi ikon Nias Utara juga menjadi sentra ekonomi kerakyatan baru dan menjadi stimulus untuk perekonomian,”kata Hassanudin usai peresmian Alun-alun tersebut, Rabu (24/1/2024).

Disebutkan, alun-alun yang terletak di Kecamatan Lotu dibangun untuk menjadi ruang publik masyarakat dan tempat berkumpulnya masyarakat Nias Utara. Karenanya Pemerintah Kabupaten Nias Utara dan masyarakat agar mengembangkan dan merawat alun-alun seluas 5.200 Ha ini, sehingga menjadi lebih menarik. Apalagi, ini merupakan taman satu-satunya yang ada di Nias Utara.

“Kita rapikan lagi, kita percantik agar lebih baik dan dijaga, dirawat, dikembangkan sehingga lebih menarik,”pesan Hassanudin.

Hassanudin menyebutkan, akan terus mendukung pembangunan Nias Utara, karena kabupaten tersebut punya potensi besar, memiliki objek wisata indah dan spot selancar bertaraf internasional.

“Selama jadi Pj Gubernur, sudah dua kali saya ke Nias Utara dan saya lihat potensinya luar biasa, terutama sektor pariwisata, kita akan dukung terus pembangunan Nias Utara,”ujar Hassanudin.

Didampingi Pj Ketua TP PKK Sumut Dessy, Hassanudin juga meninjau SMK 1 Tolu yang tidak jauh dari Alun-alun. Menurutnya pengelolaan SMK 1 Tolu sangat baik, begitu juga dengan hasil karya siswanya.

“Luar biasa hasil karya siswa di SMK 1 Tolu, punya lab yang juga bagus, ini menunjukkan pengelolaan yang baik, mungkin fasilitas ruang kelas ada yang belum memadai, kita akan lihat rencana pembangunan ke depan,”ucap Hassanudin.

Sementara, Bupati Nias Utara Amizaro Waruwu mengatakan, alun-alun sangat berarti buat masyarakat. Saat ini Nias Utara masih kesulitan membangun alun-alun dan taman, karena masalah anggaran.

“Kalau dari kami sulit membangunnya karena ada fokus yang harus lebih diutamakan, kami sangat berterima kasih kepada Pemprov sudah membangunkan alun-alun ini dan juga mohon perhatiannya untuk SMA, SMK yang ada di sini,”sebut Amizaro Waruwu.

Hadir Wakil Bupati Nias Utara Yusman Zega, unsur Forkopimda, Plt Kepala Dinas PUPR Sumut Mulyono, Kepala Dinas Kominfo Sumut Ilyas S Sitorus, serta OPD terkait lainnya.(red01/RH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

iklan