Forkopimda Batubara Cabut Portal Jalan di Perlintasan KA Desa Mekar Baru

Pejabat Bupati Batubara Nizhamul SE MM memasangkan ropi petugas Dishub untuk penjaga palang pintu kereta api.(ersyah. Diskominfo BB)

BATUBARA.Ersyah.com l Forum koordinasi pimpinan daerah (Forkopimda) dipimpin Pejabat (Pj) Bupati Batubara Nizhamul SE MM cabut portal jalan yang berada didekat Perlintasan Kereta Api tepatnya Dusun 2, Desa Mekar Baru, Kecamatan Datuk Tanah Datar, Kabupaten Batubara, Sumatera Utara, Senin (29/1/2024).

Portal jalan itu didirikan tahun 2015 lalu yang bermaksud untuk mencegah terjadinya kecelakaan di perlintasan kereta api. Namun sejak berdirinya portal jalan kendaraan roda empat atau lebih tidak bisa melewati yang berakibat setiap warga menuju Desa Mekar Baru menggunakan kendaraan harus melewati jalan lain yang jaraknya cukup jauh.

Setelah dicabut, portal diganti dengan palang pintu perlintasan kereta api untuk menjaga keamanan masyarakat yang tengah melintas. Untuk pasang lampu penerangan jalan, rambu rel kereta api dan bantalan tambahan. Semua ini merupakan kerjasama antara Pemkab Batubara melalui Dinas Perhubungan dengan Balai Teknik Kereta Api.

Dinas Perhubungan menyediakan petugas penjaga palang pintu yang ditandai dengan pemakaian rompi Dinas Perhubungan oleh Pj. Nizhamul.

“Ini merupakan komitmen pemerintah daerah untuk meningkatkan pelayanan publik dibidang transportasi. Keputusan ini diambil dari hasil pertimbangan yang matang tanpa mengesampingkan faktor keamanan tapi berfokus pada mobilitas dengan tetap pada koridor keselamatan,”ujar Nizhamul.

Ia berharap dengan dicabutnya portal tersebut akses jalan masyarakat lebih muda, mempercepat ekonomi masyarakat, memangkas jarak tempuh dan waktu serta tentunya dapat mengirit bahan bakar.

“Kita semuanya berharap dengan pencabutan portal ini bisa mengangkat roda perekonomian yang selama ini banyak terpangkas akibat dari jalan lingkarnya sangat jauh, tentunya ini memberikan nilai ekonomi jika portal dicabut,”ucapnya.

Nizhamul berpesan kepada masyarakat agar menjaga keselamatan masing-masing dalam berkendara. Karena keselamatan bukan hanya tanggungjawab satu pihak.

“Semoga masyarakat bisa senang, karena akses jalan yang selama ini tertutup sudah bisa dilalui,”pesennya.

Bersama Pj Bupati Batubara turut juga Kapolres AKBP Taufiq Hidayat Thayeb SH SIK, Danyon 126/Kala Cakti Letkol Inf Fernando Batubara dan anggota DPRD Rizal Syahreza SE.

Asisten II Setdakab, Kepala Dinas Perhubungan, Kepala Dinas PUPR, Plt Kepala Dinas Perkim, Kepala Dinas Kominfo dan Camat Datuk Tanah Datar.(Ag)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

iklan