Pemprov Sumut Perkuat Kerjasama Dengan Provinsi Guangdong Tiongkok

Sekretaris Daerah Sumut Arief S Trinugroho diabadikan bersama Konsul Jenderal Republik Rakyat Tiongkok di Medan Zhang Min.(foto. Diskominfo Sumut)

MEDAN.Ersyah.com l Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Utara (Sumut) terus memperkuat hubungan kerja sama dengan Republik Rakyat khususnya Provinsi Guangdong Tiongkok.

Selama ini, Pemprov Sumut telah menjalin kerja sama dengan Provinsi Guangdong, melalui program kerja sama Sister Province. Antara lain melalui reaktivasi hubungan kerja sama dan berharap adanya penerbangan baru ke Tiongkok.

“Hubungan diplomatik Provinsi Sumut dengan Guangdong telah terjalin selama 20 tahun, saat ini sedang proses reaktivasi hubungan antara Provinsi Guangdong dengan Sumatera Utara,”ujar Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Sumut Arief S Trinugroho, Senin (5/2/2024) pada Resepsi Festival Musim Semi 2024 di Hotel Marriot, Jalan Putri Hijau, Medan.

Pada Oktober 2023, delegasi Pemprov Sumut berkunjung ke Provinsi Guangdong, Tiongkok. Kedua pihak membahas banyak terkait reaktivasi hubungan kedua provinsi tersebut. Selama ini hubungan kerja sama masih sebatas sosial dan budaya, ke depan akan menyasar sektor ekonomi.

“Kami berharap dengan hubungan sister province akan dapat meningkatkan jaringan kerja sama yang lain dengan Tiongkok, sebagai pemerintah kami memfasilitasi investor yang masuk ke daerah kami, sehingga terjadi pertumbuhan ekonomi yang meningkat,” kata Arief.

Selain potensi pariwisata yang besar di Sumut, Arief juga mengharapkan adanya destinasi penerbangan dari dan menuju Tiongkok. Jumlah pelancong asal Tiongkok ke Indonesia khususnya Sumut, cukup banyak. Maka penerbangan dari Sumut ke Tiongkok dan sebaliknya dinilai perlu diadakan kembali.

“Sekitar tiga Minggu lalu, sudah ada penerbangan perdana dari Doha, Qatar ke Kualanamu, jadi kami harap penerbangan Kualanamu – Hongkong atau destinasi lain dapat dihidupkan kembali,”sebut Arief.

Secara historis hubungan Indonesia dengan Tiongkok telah terjalin sejak lama di bidang perdagangan.

“Dari perspektif hubungan luar negeri, Indonesia merupakan negara pertama di Asia Tenggara yang membentuk hubungan diplomatik dengan Tiongkok,”ungkap Arief.

Konsul Jenderal Republik Rakyat Tiongkok di Medan Zhang Min mengapresiasi semua pihak yang berkontribusi atas terjaganya hubungan antara Tiongkok dan Indonesia. Hubungan kedua negara terjaga dengan baik. Banyak kerja sama yang tercipta, dan saling memberikan keuntungan bagi kedua negara.

“Saya mengapresiasi semua pemerintah di semua tingkatan di Sumut, yang senantiasa berupaya menyediakan lingkungan investasi dan bisnis yang baik bagi investor dari Tiongkok,”ucap Zhang Min.

Turut hadir dalam resepsi festival musim semi diadakan dalam rangka merayakan Tahun Baru Imlek, perwakilan perhimpunan dan warga Tionghoa Fajar Suhendra, diplomat negara sahabat, masyarakat Tiongkok di Medan dan tamu undangan. Para undangan tidak hanya disuguhi kuliner Tionghoa, tapi juga penampilan seni budaya Tiongkok.(red01/RH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

iklan