Presiden Jokowi Resmikan Tol Berbiaya 4,73 Triliun di Batubara

Presiden Joko Widodo, Mentri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Pejabat Gubernur Sumut Hassanudin, Pejabat Bupati Batubara Nizhamul saat peresmian tol Lima Puluh -Ibdrapura.(foto.ersyah)

BATUBARA.Ersyah.com l Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) resmikan ruas jalan tol berbiaya total 4,73 triliun diwilayah Kabupaten Batubara, Sumatera Utara, Rabu (7/2/2024).

Ruas jalan tol tersebut, Tebing Tinggi-Indrapura panjang 20,4 kilometer dan jalan tol seksi Indrapura-Limapuluh memiliki panjang 15,6 kilometer.

iklan

iklan

“Kedua tol ini merupakan bagian dari jalan tol Trans-Sumatra. Tol Tebing Tinggi-Indrapura biaya Rp3,06 triliun dan  tol Indrapura-Limapuluh biaya Rp1,67 triliun,”ujarnya.

iklan

Dijelaskan, keberadaan ruas jalan tol tersebut akan meningkatkan konektivitas menuju kawasan pariwisata dan kecepatan logistik, karenanya keberadaan jalan tol ini akan mendorong pertumbuhan ekonomi sekitar.

“Kedua ruas jalan tol ini akan meningkatkan konektivitas kawasan ke kawasan pariwisata di Danau Toba, meningkatkan kecepatan logistik ke pelabuhan Kuala Tanjung, dan juga terkoneksi dengan KEK Sei Mangkei, ini kita harapkan juga akan cepat bisa berkembang,”tutur Presiden Jokowi.

Presiden meyakini, dengan pembangunan jalan tol tersebut akan meningkatkan kunjungan wisatawan dan menarik investor untuk mengembangkan potensi yang ada di Provinsi Sumatera Utara.

“Makin banyak investor yang akan mengembangkan berbagai potensi yang ada di Provinsi Sumatra Utara, maka meningkatkan kunjungan wisata destinasi super prioritas di Danau Toba dan sekitarnya, serta mengefisienkan biaya logistik ke pelabuhan Kuala Tanjung dan KEK Sei Mangkei,”katanya.

Presiden berharap keberadaan jalan tol tersebut bisa meningkatkan daya saing daerah, serta menciptakan pertumbuhan ekonomi baru.

Peresmian itu juga diikuti Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Pejabat Gubernur Sumatra Utara Hassanudin, Penjabat Bupati Batubara Nizhamul SE MM, Bupati Serdang Bedagai Darma Wijaya, Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga, Bupati Asahan Surya, Wali Kota Tebing Tinggi Syarmadani, Direktur Utama PT Hutama Karya Budi Harto, Direktur Utama PT PP Novel Arsyad, Forkopimda Batubara dan Kepala OPD.(mn)

iklan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *