Presiden Jokowi Sebut Produk UKM Sumut Punya Kemasan Bagus

Presiden Jokowi saat silaturahmi dengan ribuan peserta Mekar dan PNM di Kabupaten Batubara.(foto.Ersyah)

BATUBARA.Ersyah.com l Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) menyebutkan produk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dari Provinsi Sumatera Utara (Sumut) patut dijadikan contoh bisa dipasarkan di manapun, karena punya packaging atau kemasan yang bagus.

“Saya senang produk-produk yang ada di Sumatera Utara packaging kemasannya sudah bagus. Seperti ini, keripik tempe merk Bilqis, keripik jahe, susu kambing. Ini bagus kemasannya, bisa dijual kemana-mana. Kemasannya seperti ini, bagus kan, saya acungi jempol untuk urusan kemasan,”sebut Jokowi saat silaturahmi dengan ribuan peserta program Membina Ekonomi Keluarga Sejahtera (Mekar) binaan Permodalan Nasional Madani (PNM), Rabu (7/2/2024) di Lapangan Bola Kaki Kelurahan Lima Puluh,Kecamatan Lima Puluh, Kabupaten Batubara, Sumatera Utara.

iklan

iklan

Jokowi, produk dengan kemasan bagus akan gampang dijual asalkan harganya kompetitif. Terpenting,dalam berwirausaha semangat adalah modal utama dengan kerja keras, serta disiplin.

iklan

Karena disiplin dianggap sangat penting sekali dalam menjalankan wirausaha. Sebab, disiplin akan membentuk karakter entrepreneurship. Usaha apa saja yang dibuat peserta UMKM binaan PNM.

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumut melalui Dinas Koperasi dan UMKM, telah menyiapkan sejumlah strategi dalam upaya meningkatkan kualitas daya saing Koperasi dan UMKM di Sumut.

Seperti penguatan kualitas Koperasi dan UMKM (scale up) melalui inkubator bisnis dan plut entrepreneur learning centre (pelatihan peningkatan kualitas SDM, struktur organisasi, pengelolaan usaha, pemasaran, permodalan, sarana dan prasarana usaha, jaringan bisnis).

“Dalam meningkatkan kualitas UKM di Sumut, Pemprov melakukan sejumlah pelatihan termasuk membuat kemasan yang bagus. Untuk itu, atas nama Pemprov Sumut mengucapkan terima kasih atas pujian dari bapak Presiden terhadap produk UKM Sumut, dalam hal kemasan produk. Pemprov Sumut terus berupaya melakukan terbaik untuk pelaku UKM,”ujar Pejabat Gubernur Sumut Hassanudin.

Acara turut dihadiri Pejabat Bupati Batubara Nizhamul SE MM, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Direktur PNM Arief Mulyadi, serta seluruh peserta yang terdiri dari pelaku UMKM binaan PNM.

Dalam kesempatan itu, Presiden Jokowi juga menyerahkan bantuan kebutuhan pokok dan memberikan sepeda kepada dua pelaku UMKM yang para pesertanya didominasi perempuan.(Ag)

iklan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *