Pj Gubernur Kenang Dedikasi Baskami Ginting Membangun Sumut

Pejabat Gubernur Sumut Hassanudin saat proses penghormatan mendiang Ketua DPRD Sumut Baskami Ginting.(foto. Diskominfo Sumut)

MEDAN.Ersyah.com l Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Hassanudin menghadiri upacara kenegaraan penghormatan kepada mendiang Ketua DPRD Sumut Baskami Ginting, Sabtu (10/2/2024) di Gedung Paripurna DPRD Sumut, Jalan Imam Bonjol Medan.

“Rabu sore pada tanggal 7 Februari, kita semua terkejut, tersentak, mendengar kabar Bapak Baskami telah dipanggil tuhan. Saya jadi teringat lirik lagu Ebiet G Ade yang berjudul ‘Rembulan Menangis’. Tangis kami pecah di batu, duka kami remuk di dada. Untukmu saudaraku, kami semua turut berduka,”ujar Hassaudin.

Baskami Ginting dikenang sebagai politikus yang melahirkan kebijakan dalam pembangunan di Sumut. Selama hidupnya, ia telah menunjukkan dedikasi dan pengabdian yang tinggi sebagai Ketua DPRD Sumut. Kenangan aktif bersama pemerintah dalam melahirkan banyak kegiatan untuk membangun Sumut yang sejahtera dan berkeadilan.

“Kami tahu, beberapa waktu terakhir ini beliau dalam kondisi kesehatan yang terganggu. Namun semangat dalam bekerja sangat tinggi. Sehingga, kondisi sakit sekalipun, beliau tetap hadir dalam semua momen-momen penting untuk menjalankan perannya sebagai legislatif,”ucap Hassanudin.

Kini, lanjut Hassanudin, Baskami Ginting telah pergi dengan baik dan mulia. Anggota legislatif dari PDIP Sumut itu dipanggil tuhan, saat masih aktif sebagai Ketua DPRD dan sedang menjalankan tugas di kantor.

“Itu menunjukkan bahwa beliau sangat mencintai tugas-tugasnya. Beliau setia pada pekerjaannya dan memiliki dedikasi yang tinggi,”sebutnya.

Hassanudin mewakili pemerintah dan masyarakat Sumut menyampaikan belasungkawa yang mendalam dan ia berpesan kepada keluarga agar jangan larut dalam kesedihan.

“Pak Baskami, telah meninggalkan kita untuk selamanya. Apa yang dapat kita pelajari dari pribadi beliau adalah pribadi yang luwes, nasionalis, bersahabat, suka membantu dan bertanggung jawab. Beliau adalah salah satu putera terbaik Sumut. Selamat jalan Pak Baskami, kami akan meneruskan cita-cita bapak untuk membangun Sumut yang harmonis, sejahtera dan berkeadilan,”tukas Hassanudin.

Mewakili pompinan DPRD Sumut Irham Buana Nasution menyebutkan, Baskami Ginting merupakan tokoh terbaik yang dimiliki provinsi Sumut, sebab seorang pejuang yang konsisten dan pribadi yang baik.

“Dia sudah berjuang untuk masyarakat sejak 20 tahun lalu. Bukan hanya saat menjabat sebagai anggota legislatif, tapi sebelum menjabat tetap berjuang. Saya cukup lama mengenal beliau, baik secara pribadi dan belakangan ini kami sama-sama di DPRD Sumut. Beliau orang baik dan konsisten. Kita semua kehilangan,”kata politisi Golkar.

Baskami Ginting meninggal dunia di RS Siloam Medan, Rabu 7 Februari 2024 setelah sempat pingsan di ruang kerjanya.

Sesuai rencana akan dimakamkan pada Sabtu (10/2) di kampung halamannya Desa Batu Karang, Kecamatan Payung, Kabupaten Karo.

Upacara juga dihadiri sejumlah pejabat daerah dan para pelayat hadir di acara tersebut, seperti Kapolda Sumut Irjen Pol Agung Setya Effendi, Pangdam I/BB Mayjen TNI M Hasan Hasibuan, Kajati Sumut Idianto, Anggota DPR RI Sihar Sitorus, sejumlah pimpinan OPD Sumut, dan anggota DPRD Sumut, serta seluruh keluarga mendiang Baskami Ginting.(red01/RH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

iklan