Pj Gubernur Sumut Resmikan RSUD Tuan Rondahaim Pematangraya

Pejabat Gubernur Sumut Hassanudin bersama Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga menandatangani prasasti RSUD Rondahaim Pematangraya.(foto. Diskominfo Sumut)

SIMALUNGUN.Ersyah.com l WHO menetapkan rasio tempat tidur rumah sakit 1 per 1000 penduduk dan saat ini Kabupaten Simalungun sedang mengejar hal tersebut. Salah satunya dengan membangun Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tuan Rondahaim Pematangraya.

“Concern Pak Bupati terkait kesehatan memang luar biasa, saat ini rasio tempat tidur di Simalungun masih 0,47 dan beliau berupaya mengejar hal tersebut lewat RSUD Rondahaim Pematangraya, ini upaya yang luar biasa,”ujar Pejabat Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Hassanudin, meremikan RSUD Tuan Rondahaim Pematangraya, Rabu (28/2/2024) di Komplek Perkantoran SKPD Pemkab Simalungun.

Hassanudin menekankan pentingnya rasio ketersediaan tempat tidur di rumah sakit, standar yang telah ditetapkan WHO sebagai pelayanan kesehatan untuk masyarakat. Sementara fasilitas yang ada di RSUD Rondahaim Pematangraya cukup lengkap, antara lain Poli Bedah, Poli Anak, Poli Gigi, Poli Jiwa, Poli Paru, Neurologi dan lainnya, sehingga layanan dapat dimaksimalkan untuk masyarakat.

“Cukup lengkap, punya dokter spesialis, fasiltas bagus, kita harap ke depannya semakin baik lagi, fasilitas bertambah, dokter bertambah, sehingga masyarakat terlayani dengan baik,”kata Hassanudin.

Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga menyampaikan, RSUD Rondahaim Pematangraya bertujuan untuk mempermudah akses masyarakat pada layanan kesehatan,dengam fasilitas dan tenaga media yang berkualitas, masyarakat Simalungun, tidak ke luar kota untuk mendapat layanan kesehatan.

“Ada tiga RSUD kita dan memiliki fasilitas dan tenaga medis yang baik, jadi tidak perlu ke Malaysia berobat, di sini saja sudah cukup, kita maksimalkan RSUD kita,”ucap Radiapoh.

Peresmian RSUD tersebut turut dihadiri Wakil Bupati Simalungun Zonny Waldy, unsur Forkopimda, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Sumut Hasmirizal Lubis, Kepala Badan Keuangan dan Aset Daerah Sumut Ismael Parenus Sinaga, Kepala Dinas Kesehatan Sumut Alwi Mujahit, para tokoh masyarakat, tokoh adat dan tokoh pemuda Simalungun.(red01/RH)

iklan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

iklan