Apel Ops Ketupat Toba 2024 di Batubara

Kapolres Batubara AKBP Taufiq Hidayat Thayeb saat memasangkan pita kepada anggota TNI peserta operasi.(Foto. Humas Pol BB)

BATUBARA.Ersyah.com l Kapolres Batubara AKBP Taufiq Hidayat Thayeb memimpin apel gelar pasukan Operasi Ketupat Toba 2024, Rabu (3/4/2024) di Lapangan Apel Mapolres Batubara, Sumatera Utara.

Apel yang dibuat dalam rangka pengamanan mudik dan perayaan hari raya idul fitri 1445 H/2024 M diwilayah hukum Polres Batubara Provinsi Sumatera Utara (Sumut) 2024.

Kapolri dalam amanatnya di bacakan Kapolres Batubara menyampaikan, Apel gelar pasukan merupakan bentuk pengecekan akhir kesiapan pelaksanaan operasi ketupat 2024 sebagai komitmen nyata sinergisitas TNI-Polri dengan stakeholder terkait dalam rangka pengamanan mudik dan perayaan hari raya idul fitri 1445 H.

Berdasarkan survei Kemenhub RI tahun 2024 diperkirakan terdapat potensi pergerakan masyarakat sebesar 193,6 juta orang atau meningkat 56,4% dibandingkan tahun 2023.

Polri bersama dengan Kemenhub dan kementerian PUPR mengeluarkan surat keputusan bersama tentang pengaturan lalu lintas jalan serta penyeberangan selama masa arus mudik dan arus balik angkutan lebaran tahun 2024.

“Sinergi,koordinasi antara Satgas pusat, Satgas daerah dan stakeholder terkait  berjalan optimal sehingga pengguna jalan benar-benar merasa aman dan nyaman. Aspek keamanan dari gangguan kamtibmas juga harus menjadi perhatian penting baik pada rumah yang ditinggalkan, jalur mudik, maupun lokasi wisata dan pusat keramaian lainnya,”katanya.

Selain itu, Kapolres juga mengingatkan agar melakukan patroli bersama pada jam-jam rawan, dan siapkan layanan pelaporan rumah yang ditinggalkan dan penitipan kendaraan sehingga masyarakat dapat mudik dengan tenang. Khusus pada lokasi dan jalur menuju objek wisata jangan sampai terjadi kemacetan. Sediakan kantong parkir yang memadai,pengaturan jalur keluar masuk dan pengaturan lokasi pedagang agar masyarakat dapat berwisata dengan nyaman.

Berbagai upaya tersebut diharapkan dapat berjalan optimal sehingga masyarakat dapat merasakan “mudik aman, ceria, penuh makna”. dengan harapan momentum hari raya idul fitri ini dapat menjadi sarana untuk mempererat silaturahmi, persatuan dan kesatuan seluruh lapisan masyarakat.

“Seluruh personel pengamanan yang terdiri dari unsur TNI-Polri, Kementerian terkait, BNPB, BMKG, Basarnas, Pertamina, Jasa Raharja, Jasa Marga, Satpol PP, Dinas Perhubungan, Dinas kesehatan dan Mitra Kamtibmas lainnya yang telah berpartisipasi dalam mendukung Operasi Ketupat 2024, harus sinergitas seluruh stakeholder terkait merupakan kunci utama untuk mengulangi keberhasilan pengamanan hari raya idul fitri tahun lalu,”pinta Kapolri yang di bacakan Kapolres.

Turut hadir Pj Bupati Batubara diwakili Sekdakab Norma Deli Siregar,  Danyon Inf 126 KC Letkol Inf. Fernando Batubara, Dandim 0208 Asahan di wakili Danramil Lima Puluh Kapten inf. Surbakti, Wakapolres Batu Bara Kompol Imam Alriyuddin,Kabag Ops Kompol M. Surbakti, para Kabag, Kasat dan Kapolsek sejajaran Polres Batubara,OPD jajaran Pemkab Batubara dan personil yang tersprint dalam pelaksanaan Operasi ketupat Toba.(mn)

iklan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

iklan