Pemprov Sumut Serahkan Bantuan Rp1,8 Miliar kepada Kabupaten/Kota

Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Provinsi Sumatera Utara (Sumut) Basarin Yunus Tanjung saat menyerahkan plakat bantuan kebencanaan kepada BPBD Kabupaten/Kota.(Foto. Diskominfo Sumut)

MEDAN.Ersyah.com l Apel Hari Kesiapsiagaan Bencana 2024 digelar, Jum’at (26/4/2024) di Lapangan Kantor Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumut, Jalan Gatot Subroto, Medan.

Kegiatan dipimpin Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Provinsi Sumatera Utara (Sumut) Basarin Yunus Tanjung.

Dalam kegiatan itu, Pemprov Sumut  menyerahkan bantuan alat kebencanaan senilai Rp1,8 miliar kepada Pemerintah Kabupaten dan Kota. Bantuan peralatan yang diserahkan berupa perahu, tenda mesin pompa, serta peralatan kebakaran hutan dan lahan.

iklan

Basarin Yunus Tanjung mengatakan, bantuan itu merupakan bentuk dukungan Pemerintah Provinsi Sumut pada kabupaten/kota dalam rangka penanggulangan bencana di daerah.

“Penanggulangan bencana memerlukan sinergi dan kolaborasi dari banyak pihak, apabila semua berkolaborasi dengan baik begitu bisa mengurangi dampak yang diterima akibat bencana,” kata Basarin.

Ia juga menyampaikan,Pemprov Sumut tetap mengutamakan mitigasi dalam menyikapi kebencanaan dengan membangun kesadaran masyarakat di Sumut akan bencana, yang penting dan sedang gencar dilakukan.

“Pemprov Sumut gencar melakukan upaya mitigasi bencana dan sosialisasi pada masyarakat, selain itu koordinasi hingga ke tingkat desa pun kami lakukan,”ujar Basarin.

Kepala BPBD Sumut Tuahta Saragih  Apel Hari Kesiapsiagaan Bencana merupakan acara tahunan bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan kesiapsiagaan masyarakat dalam menghadapi bencana. Apel tersebut diikuti berbagai instansi terkait, mulai BPBD se-Sumut, personel TNI dan Polri, serta berbagai organisasi dan relawan bencana.

“Selain menyerahkan bantuan,kami juga memberi penghargaan pada organisasi sosial dan relawan yang selama ini terlibat dalam penanggulangan bencana,”ucap Tuahta.

Tema  “Siap untuk Selamat”, lanjut Tuahta, menggambarkan pentingnya persiapan dan penanganan bencana dengan baik untuk melindungi masyarakat dari ancaman dan kerugian yang dapat ditimbulkan bencana. Sementara subtema yang diambil “Indonesia Tangguh, Sumut Hebat” menekankan pentingnya sumbangsih Sumut dalam menghadapi bencana dengan kemampuan dan sumber daya yang dimiliki.(red01/RH)

iklan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *