Dinas Koperasi UKM Sumut Dorong Pertumbuhan Sektor riil Untuk Kesejahteraan Masyarakat

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Sumut Naslindo Sirait saat mengikuti Kelompok Tani Tabur Tuai menanam perdana bawang merah di Kelurahan Gurilla, Kecamatan Siantar Sitalasari, Pematangsiantar.(Foto. Diskominfo Sumut)

SIANTAR.Ersyah.com l Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Provinsi Sumatera Utara (Sumut) Naslindo Sirait hadiri sosialisasi pembentukan koperasi kepada Komunitas Masyarakat Tani Tabur Tuai, Jum’at (26/4/2024) di Kelurahan Gurilla, Kecamatan Siantar Sitalasari, Pematangsiantar.

Naslindo menyebutkan, persoalan kesejahteraan petani di Indonesia, termasuk keterbatasan dalam hal permodalan, proses produksi, distribusi, dan pemasaran hasil pertanian, dapat dijawab melalui gerakan ekonomi berbasis kerakyatan seperti koperasi tani.

Dinas Koperasi dan UKM Sumut mendorong pertumbuhan koperasi di sektor riil, untuk dapat berkembang dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

iklan

“Kelompok-kelompok tani sebaiknya jangan hanya berhenti sebagai kelompok tani saja, tetapi saya selalu mendorong agar kelompok-kelompok tani itu berkoperasi dan badan hukumnya menjadi jelas, skala ekonominya bisa optimal, sehingga tidak mudah dikalahka  pasar,”kata Naslindo.

Menurutnya, Dinas Koperasi UKM Sumut saat ini tengah gencar mendorong pertumbuhan koperasi karena dinilai sektor ril dapat langsung bersentuhan dengan kegiatan ekonomi masyarakat dan keberadaannya dapat menjadi tolok ukur pertumbuhan ekonomi.

“Kita satukan persepsi untuk pertumbuhan koperasi di sektor riil, yang mengarah kesejahteraan,”ucapnya.

Dalam kesempatan itu, Naslindo juga ikut serta mengunjungi lahan pertanian yang dikelola Komunitas Masyarakat Tani Tabur Tuai untuk melakukan penanaman perdana bawang merah, dan melihat langsung proses pembuatan pupuk kompos.

“Dinas Koperasi UKM Sumut kedepannya berkomitmen untuk mendampingi, mengarahkan dan memfasilitasi pembentukan Koperasi Tani Tabur Tuai, hingga resmi berdiri berbadan hukum. Yang diharapkan dapat menjadi koperasi percontohan di Sumut di sektor produksi yang dikelola secara mandiri, profesional dan mengadopsi teknologi,”sebut Naslindo.(red01/RH)

iklan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *