Pj Gubernur Sumut Tinjau PLTA Batu Gajah Langkat

Pejabat Gubernur Sumut Hassanudin saat meninjau PLTA Batu Gajah yang menghasilkan daya 16 Mega Watt.(Foto.Diskominfo Sumut)

LANGKAT.Ersyah.com l Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Utara (Sumut) tinjau Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Batu Gajah,Desa Empus, Kecamatan Bohorok,Kabupaten Langkat, Sabtu (11/5/2024).

PLTA Batu Gajah ini mampu menghasilkan 16 Mega Watt (MW) dengan memanfaatkan aliran Sungai Wampu. Listrik tersebut dialirkan ke Kabupaten Langkat dan Binjai.

iklan

iklan

“Sungai kita banyak, besar.Kita harus bisa memanfaatkannya, termasuk untuk energi listrik, karena listrik merupakan kebutuhan dasar masyarakat,”ujar Hassanudin, disela-sela meninjau daerah tersebut.

iklan

Ia berharap semakin banyak pemanfaatan sungai sebagai sumber energi. Seperti yang dilakukam PLTA Batu Gajah yang memanfaatkan aliran Sungai Wampu untuk menghasilkan energi listrik.

Untuk itu Hassanudin meminta kepada dinas terkait agar mendata lokasi dan sungai yang berpotensi menghasilkan energi untuk mempermudah investor berinvestasi.

“Kita akan himpun data lokasi dan sungai mana saja yang berpotensi menghasilkan energi, baik kecil maupun besar, sehingga mempermudah investor, atau kita sendiri untuk membangun mikro hydro power,”kata Hassanudin.

Turut mendampingi Pj Gubernur Sumut dalam meninjau, investor PLTA Batu Gajah Herman Jaya, General Manager Berman Pasaribu, Staf Ahli Gubernur M Armand Effendy Pohan, Kepala Dinas Kominfo Sumut Ilyas S Sitorus, Kepala Dinas PUPR Sumut Mulyono dan OPD terkait lainnya.

Sementara itu, Site Manager PLTA Batu Gajah Roni Manampiring menyampaikan, tegangan yang dihasilkan sebesar 20 kV. Listrik yang dialirkan ke daerah Kuala, Marike, Tambunan dan Bukit Lawang.

“Ini membantu kawasan wisata Bukit Lawang, yang memang membutuhkan energi besar, belum lagi masyarakat yang selama ini memang kekurangan listrik, kami harap ini bisa meningkatkan produktivitas masyarakat,”harapnya.(red01/MY)

iklan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *