Tim Monitoring PKK Sumut di Langkat

Ketua tim monitoring TP PKK Sumut Dian Arief Trinugroho melihat langsung sayur mayur hasil kebun Aku Hatinya PKK Desa Banyumas, Kabupaten Langkat.

LANGKAT.Ersyah.com l Ketua Bidang Pembinaan Karakter Keluarga PKK Sumatera Utara (Sumut) Dian Arief Trinugroho memimpin monitoring, Rabu(12/6/2024) di Desa Banyumas, Kecamatan Stabat,Kabupaten Langkat.

Kedatangannya, dalam rangka penilaian lomba desa percontohan tingkat Sumut tahun 2024, untuk kategori Amalkan dan Kukuhkan Halaman Asri Teratur Indah dan Nyaman (Aku Hatinya) PKK.

Turur Hadir pimpinan OPD Kabupaten Langkat, PKK Kabupaten Langkat, Camat Stabat Bambang Eko Winarno, Muspika Stabat, Kepala Desa Banyumas Joko Saputra, serta pengurus PKK Sumut.

iklan

Dian Arief menyampaikan, monitoring merupakan agenda lanjutan setelah dilaksanakan pembinaan bidang kelembagaan, bidang administrasi dan bidang Kelompok Kerja (Pokja), yang mengelola 10 program pokok PKK.

“Ada beberapa indikator dasar yang menjadi penilaian Aku Hatinya PKK, salah satunya, pemanfaatan perkarangan rumah untuk pengembangan komoditas pangan, seperti ternak dan ikan,”kata Dian.

Menurutnya, tim monitoring PKK Sumut hari ini ke Desa Banyumas, salah satu desa binaan PKK Kabupaten Langkat, yang harapannya monitoring tidak saja memberikan penilaian, tapi bisa menjadi wadah temu kader, temu karya dan wadah unjuk prestasi, yang menjadi bukti nyata hadirnya gerakan PKK di tengah masyarakat, sebagai mitra pemerintah.

Sekdakab Langkat Amril menyebut, membina desa bukanlah pekerjaan yang mudah, karena desa dihuni masyarakat yang majemuk dengan tingkat pendidikan yang beragam, gaya hidup dan tingkat kesejahteraan yang variatif.

Namun dengan jiwa pengabdian yang tinggi dan tulus kader PKK, menjadi sebuah tantangan untuk memperlihatkan PKK merupakan motor pengerak masyarakat yang tumbuh dari bawah untuk mewujudkan keluarga sejahtera.

“Kami berharap masukan dari Tim PKK Sumut dapat berbenah, motivasi bagi masyarakat Desa Banyumas, semakin gemar menanam, karena PKK sebagai mitra pemerintah berperan  menyukseskan program pemerintah, memberdayakan keluaraga dan masyarakat,”ujarnya.

Dian Arief yang juga Ketua Dharma Wanita (DWP) Sumut bersama Penjabat (Pj) Ketua PKK Langkat Uke Retno Faisal Hasrimy mengunjungi kebun Aku Hatinya PKK Desa Banyumas, yang ditanami berbagai jenis sayur mayur seperti  kangkung, jahe, cabai, terong, kacang tanah yang semuanya siap untuk panen.

Uke Retno Faisal Hasrimy mengatakan,

‘Tahun 2024 ini Desa Banyumas menjadi desa binaan Kabupaten Langkat sebagai desa pelaksana salah satu program PKK yakni Aku Hatinya PKK.

Menurutnya, program ini bisa menggerakkan masyarakat dalam pemanfaatan halaman rumah sekitar, dengan tanaman produktif berupa apotik hidup, warung hidup maupun tanaman hias yang akan memberikan nilai tambah pemiliknya.

“Saya berharap kehadiran tim monitoring menjadi bagian dukungan moral menjadikan PKK sebagai solusi menuju kesejahteraan keluarga lahir batin..(red01/MYH)

iklan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *