PON Aceh-Sumut,Pj Gubernur Sebut Telah Siapkan 96 Hotel Sekurangnya 8 Ribu Kamar

Pejabat Gubernur Sumut Hassanudin bersama beberapa OPD diabadikan saat hendak mengikuti rapat dengan Presiden RI di Istana Jakarta.(Foto. Diskominfo Sumut)

MEDAN.Ersyah.com l Terkait persiapan Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut, Pj Gubernur Sumut Hassanudin mengikuti rapat dengan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo, Kamis (13/6/2024) di Istana Negara,Jakarta.

Dalam pertemuan itu, Hassanudin menyampaikan berbagai persiapan yang telah dilakukan hingga saat ini tidak ada kendala serius.

“Persiapan PB PON Sumut pada Juni ini memasuki fase persiapan akhir. Fase tersebut berfokus pada akselerasi penyelesaian pembangunan venue, pengadaan peralatan pertandingan, penyiapan SDM untuk event, logistik (ketersediaan, alokasi dan manajemen pelayanan), medis, keamanan, IT, marketing, media hingga seremonial,”paparnya.

iklan

Dijelaskan, PON akan digelar 87 hari lagi, tepatnya pada 8 September 2024. Di Sumut akan digelar 34 pertandingan cabang olahraga dengan 527 nomor pertandingan. Pertandingan akan berlangsung di 36 venue yang tersebar di 10 kabupaten/kota. Diperkirakan, lebih dari 15 ribu atlet dan offcial akan bertanding di Sumut.

“Atas semua hal tersebut, kami tetap  disiplin dalam manajemen anggaran yang tertib administrasi dan efisien, persiapan akhir Insya Allah, tidak ada kendala yang serius,”jelas Hassanudin.

Menurutnya, Pemprov Sumut telah menyiapkan 96 hotel, sekurangnya 8 ribu kamar yang telah dipersiapkan. Soal anggaran pembiayaan penyelenggaraan, PB PON Sumut merencanakan pembiayaan bersumber dari APBD sekitar 61% dan sisanya diharapkan dukungan dari pemerintah pusat melalui APBN.

“Anggaran tersebut, akan kami alokasikan untuk pengadaan peralatan, dukungan acara penutupan dan biaya Panpel dari juri, wasit, dewan hakim dan perangkat pertandingan lain yang berjumlah keseluruhan 5600 orang lebih,” kata Hassanudin.

Sementara itu, saat membuka rapat, Presiden Jokowi meminta laporan mengenai persiapan dan menegaskan pelaksanaan PON XXI tetap sesuai jadwal. “Rapat terbatas siang hari ini melanjutkan pembahasan mengenai persiapan penyelenggaraan PON XXI yang akan dilaksanakan di Nanggroe Aceh Darussalam dan Sumatera Utara pada tanggal 8-20 September 2024. Artinya tinggal 87 hari lagi untuk melakukan persiapan. Saya minta laporannya,” ujar Presiden RI.

Pada saat konferensi pers usai rapat, Menpora Dito Ariotedjo mengatakan Presiden meminta agar PON Aceh-Sumut tetap tepat waktu. Ia menjamin jadwal PON tidak ada kemunduran.

“PON dan Peparnas harus tepat waktu dan tidak ada kemunduran, PON dan Peparnas dijamin tidak akan mundur, dan akan dilaksanakan tepat waktu sesuai jadwal, untuk PON di Aceh dan Sumut progress venue pembangunan ditargetkan akhir Juli rampung semua dan siap digunakan, sekarang memastikan kontingen seluruh provinsi siap bertanding dan diberangkatkan dan persiapan penyelenggaraan oleh Aceh dan Sumut terkait opening dan closing ceremony,” kata Dito.

Mengenai Pekan Olahraga Paralimpiade Nasional (Peparnas) yang semula diadakan di Sumut, berubah menjadi Surakarta, Jawa Tengah. National Paralympic Indonesia memberikan aspirasi agar Peparnas diselenggarakan di Surakarta, lantaran sudah pernah menyelenggarakan Asian Paragames beberapa waktu lalu.

“Karena memang Surakarta tuan rumah Asian Paragames baru-baru ini, dan dimana seluruh venue dan peralatan paralimpiade semua tersedia di Surakarta, dan terkait fasilitas penginapan dan hotel di Surakarta, sudah seluruhnya standar akses disabilitas,”ungkap Dito.(red01)

iklan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *