Hari Ke-3 Tasyrik,Kemenag Batubara Sembelih 9 Ekor Sapi

Pegawai dan honorer Kemenag Batubara saat proses memotong daging qurban.(Ersyah/mn)

BATUBARA.Ersyah.com l Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Batubara melaksanakan penyembelihan 16 hewan qurban, hari ke-3 tasyrik 1445 H, Rabu (19/6/2024) di halaman Sekolah Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) Lima Puluh, Kabupaten Batubara, Sumatera Utara.

Kepala Kemenag Batubara Sakoanda Siregar didampingi Kepala Tata Usaha (KTU) H Saidin menyampaikan, penyembelihan hewan qurban setiap tahun diadakan Kantor Kementerian Agama.Tahun ini berjumlah 9 ekor sapi yang berasal dari seluruh pegawai, Pejabat, ASN /staf, KUA serta Kepala Madrasah Swasta,Kantor Kemenag Batubara dan Bank Syariah Mandiri Indrapura.

Sakoanda Siregar berterimakasih kepada seluruh penyelenggara yang ikut kegiatan dan pegawai yang sudah ikut berqurban tahun ini.

iklan

“Jika memang lapang rezeki berqurbanlah, karena Allah sangat mencintai umatnya yang suka berbagi,” ujarnya.

Sakoanda Siregar harap dengan ada nya qurban di Kantor Kemenag Batubara bisa memberikan contoh kepada masyarakat agar berqurban harta dan pikiran, untuk kemajuan dakwah Islam. Pentingnya mengenang kisah teladan Nabi Ibrahim AS dan Nabi Ismail AS dalam peringatan Iduladha. Kisah pengorbanan untuk menyembelih putranya, mengandung banyak hikmah dan pelajaran berharga yang harus dipahami dan diteladani umat Islam.

“Hari Raya Idul Adha mengajarkan kepada kita untuk lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT. Melalui pelaksanaan sholat dan qurban, umat Muslim bisa menunjukkan ketaatan dan rasa syukur kepada sang pencipta,”sebut Siregar.

Ia juga berharap agar pembagian daging qurban diberikan kepada yang mustahaq. Seluruh ASN Kemenag maupun honorer juga mendapat daging qurban, dan ini contoh Ibada sosial agar dapat ditingkatkan lagi tahun -tahun berikutnya.

“Kedepan nya semoga bisa lebih banyak lagi berqurban demi kebersamaan. Semua daging harus sudah selesai dikemas dan dibagikan pukul 13.00,”jelas  Siregar.

Sementara itu, H Saidin menyampaikan, berdasarkan catatan ada 700 kupon daging yang dibagikan kepada warga kurang mampu di sekitar Kantor Kementerian Agama Batubara. Pegawai honorer Kemenag , siswa miskin, guru honorer dan pegawai honorer di KUA.

“Qurban ini pelajaran tentang pengorbanan dan keikhlasan. Ini juga mengajarkan kita untuk saling berbagi  mengutamakan kepentingan orang lain di atas kepentingan pribadi, Melalui Qurban, umat Islam belajar bersedekah dengan ikhlas, sebab sedekah tidak mengurangi harta, tetapi justru akan menambah keberkahan,”tutupnya.(mn)

iklan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *