Suksesnya PON Kehormatan Sumut Sebagai Tuan Rumah

Pejabat (Pj) Gubernur Sumut Agus Fatoni bersama Kepala Dinas Kepemudaan dan Keolahragaan Baharuddin Siagian dan Forkopimda saat meninjau langsung di Sport Centre Desa Sena, Deli Serdang.(Foto. Diskominfo BB)

DELISERDANG.Ersyah.com l Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Agus Fatoni meninjau sejumlah venue Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI 2024,Rabu (26/6/2024) di Sport Centre Desa Sena, Deli Serdang, bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Provinsi Sumut.

“Dari Jakarta langsung landing di Sumut, kemudian langsung meninjau venue PON di Sport Centre. Ini salah satu tugas saya untuk memastikan PON di Sumut berjalan baik,”kata Fatoni.

Turut dalam peninjauan Kapolda Sumut Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi, Pangdam I/BB M Hasan, Sekdaprov Sumut Arief S.Trinugroho, Pj Ketua TP PKK Sumut Tyas Fatoni dan OPD terkait Pemprov Sumut.

iklan

Peninjauan merupakan salah satu komitmen nyata Fatoni dalam memastikan kesiapan PON XXI 2024. Menurutnya, perhelatan tersebut perlu menjadi perhatian khusus seluruh pihak. Sebab itu, sarana dan prasarana yang ada di lokasi sudah berjalan dengan baik, dan venue PON XXI selesai pada akhir Juli.

Fatoni juga memastikan anggaran PON XXI tahun 2024 di Sumut cukup, baik itu pada tingkat Pemerintah Kabupaten/Kota, Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Pusat. Namun, jika nantinya diperlukan untuk menambah anggaran maka pihaknya siap untuk menyiapkan dana tersebut.

“Apablia dibutuhkan nanti masih bisa ditambahkan lagi untuk kelengkapan yang lain tanpa menunggu P-APBN dengan melakukan pergeseran anggaran ini sebagai bentuk komitmen kita bersama untuk PON di Sumut berjalan lancar,”ujarnya.

Fatoni, Pemprov Sumut mengalokasikan anggaran sebanyak Rp1,62 triliun pada tahun anggaran 2023 dan 2024. Sedangkan kebutuhan anggaran penyelenggaraan PON Sumut diperkirakan sebanyak Rp1,99 triliun. Pemprov Sumut mengusulkan tambahan APBN senilai Rp375 miliar kepada Kementerian Pemuda dan Olahraga RI, di antaranya untuk kebutuhan peralatan pertandingan, perangkat pertandingan dan seremoni penutupan.

Pelaksanaan PON tahun 2024 di Sumut merupakan tanggung jawab semua elemen masyarakat.

“Tugas kita bersama daerah Forkopimda, elemen masyarakat menyukseskan PON ini agar berjalan lancar, demi kehormatan Sumut kita sebagai tuan rumah,”ucap Fatoni.

Sementara, Kepala Dinas Kepemudaan dan Keolahragaan Sumut Baharuddin Siagian menyampaikan, sebagai komitmen bersama Pemprov akan terus berkoordinasi dengan semua pihak.

“Ini kita meninjau venue, besok kita akan bertemu Forkopimda untuk berdiskusi, kemudian membahas dengan PB PON dan KONI termasuk KONI Pusat. Bahkan Pak Pj Gubernur selesai dilantik langsung bertemu Menpora. Ini bentuk keseriusan,”jelas Baharuddin.(red01)

iklan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *