DPRD Harapkan Dukungan Pemprov Sumut Perluasan Jaringan Internet di Tapteng 

Dinas Kominfo Sumut saat menerima Komisi A DPRD Tapteng.(Foto. Diskominfo Sumut)

MEDAN.Ersyah.com l Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Sumatera Utara (Sumut) menerima kunjungan dari Komisi A Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng),Kamis (10/7/2024) di Aula Transparansi Dinas Kominfo Sumut, Jalan HM Said Nomor 27 Medan.

 Pertemuan itu, membahas diantaranya tentang perluasan informasi publik dan akses internet bagi masyarakat.

Rombongan Komisi A DPRD Tapteng diterima Plh Kepala Dinas Kominfo Sumut yang juga Kepala Bidang (Kabid) Aplikasi Informatika Rismawati  bersama Kabid Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Harvina Zuhra beserta jajaran.

iklan

Rismawati menjelaskan beberapa tugas dan fungsi Kominfo seperti, membantu kepala daerah baik gubernur, bupati/walikota dalam melaksanakan urusan pemerintahan di bidang komunikasi dan informatika yang menjadi kewenangan daerah.

Selain itu, bertugas mengelola informasi dan komunikasi publik, aplikasi informatika, penyelenggaraan statiatik sektoral serta persandian untuk pengamanan informasi.

“Kominfo membantu kepala daerah urusan komunikasi dan informatika serta persandian,”ujar Rismawati.

Sementara Kabid IKP Harvina Zuhra menyampaikan, langkah yang dilakukan Dinas Kominfo Sumut untuk menyebarluas informasi publik dengan menggunakan media dalam ruang seperti pembuatan banner, pamflet dan brosur dan untuk media luar ruang disampaikan informasi melalui billboard dan videotron.

Kemudian, melakukan kerja sama berupa iklan layanan dengan media yang telah terverifikasi dewan pers dan penyedian fasilitas bagi wartawan untuk peliputan pimpinan, baik dalam provinsi maupun luar provinsi.

“Setiap hari kita mengikuti kegiatan Gubernur, Sekda, PKK, ini kita rilis beritanya dan sebarluaskan melalui group wartawan yang terdaftar,” jelasanya.

Ketua Komisi A DPRD Kabupaten Tapteng  Roi Paska Sarumpaet menyampaikan, secara khusus kunjungan, selain untuk bersilaturahmi, juga untuk sharing terkait menjalin kemitraan dengan media massa, sebagai mitra dalam penyebarluasan informasi publik dengan peningkatan infrastruktur jaringan internet di seluruh wilayah Kabupaten Tapteng. Mengingat 40%  wilayah Tapteng belum terakses jaringan internet dengan baik.

Kunjungan pihaknya juga kata Roi Paska Sarumpaet mendapatkan banyak masukan yang mungkin bisa diterapkan di daerah.

“Kami berterima kasih kepada Dinas Kominfo Sumut karena apa yang kami harapkan dari kunjungan kerja ini terjawab dengan baik dan berharapan kerja sama yang baik antara Dinas Kominfo Tapteng dan Dinas Kominfo Sumut,”ujarnya.

Kedepannya juga diharapkan Pemprov Sumut bisa lebih memperhatikan Kabupaten Tapteng, agar masyarakat yang tinggal di pegunungan atau di pelosok desa, bisa mendapatkan informasi dengan baik, berkat dukungan perluasan jaringan interet yang menjadi kebutuhan primer di era digital saat ini.(red01/RH)

iklan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *