Jalan Sehat RangkainHari Koperasi ke-77 di Sumut

Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Utara Arief S Trinugroho saat mengikuti Jalan Sehat Hari Koperasi ke-77 tahun 2024.(Foto.Diskominfo Sumut)

MEDAN.Ersyah.com l Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Sumatera Utara (Sumut) Arief S Trinugroho melepas peserta Jalan Sehat rangkain peringatan Hari Koperasi ke-77 tahun 2024, Minggu (21/7/2024) di halaman Kantor  UPTD Pusat Layanan Usaha Terpada (PLUT) Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (UMKM), Komplek PRSU, Jalan Gatot Subroto, Medan.

Turut hadir Wakil Konsul Amerika Serikat di Medan Kristy Mordhoest, Ketua dan Anggota Koperasi Kabupaten/Kota se-Sumut binaan Dinas Koperasi dan UMKM Sumut.

Arief S Trinugroho mengajak pelaku usaha koperasi di Sumut untuk menggaungkan bahwa sejatinya koperasi bukan hanya mengandalkan simpan pinjam saja, tapi semua bidang dapat diusahakan lewat koperasi.

iklan

“Jadi waktu jalan, kita ngobrol, orang taunya koperasi hanya simpan pinjam, sudah lunas belum, mau minjam lagi berapa, padahal bukan itu. Yang utama adalah sektor riil, untuk usaha dan bisnis UMKM. Simpan pinjam bukan kita pinggirkan, tapi masih banyak program-program koperasi lainnya, jadi ini kita coba gaungkan kembali,”kata Arief S Trinugroho kepada wartawan in, usai melepas peserta jalan sehat.

Arief, kehadiran koperasi memiliki peranan penting dalam membantu meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat, khususnya para anggota koperasi. Karena itu, pemerintah pun berusaha mendorong masyarakat untuk mengembangkan koperasi sebagai badan usaha yang berasaskan kekeluargaan dan gotong royong.

“Perlu dilakukan upaya penguatan peran koperasi, baik pengelolaan manajemen kelembagaan, dan peningkatan kapasitas SDM koperasi. Juga penggunaan teknologi dan sistem informasi maupun dalam menjalankan usahanya,”kata Arief.

Sementara itu,Staf Khusus Menteri Koperasi dan UKM Bidang Pemberdayaan Ekonomi Kerakyatan Riza Damanik menyampaikan tiga pesan dari Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UMKM) Teten Masduki. Antara lain, tentang mendorong kelembagaan koperasi menjadi instrumen memperkuat ekonomi rakyat, agar pelaku usaha kecil bisa berkembang menjadi usaha menengah dan terhubung dengan rantai pasok.

Pertama, menjaga dan memperketat branding tentang koperasi dan merefleksikan peran-peran besar koperasi, sehingga keberadaan koperasi semakim besar manfaatnya bagi masyarakat. Kedua, menciptakan ekosistem koperasi agar semakin dinikmati anak-anak muda dengan ragam inovasi di dalam koperasi. Ketiga, bagaimana kehadiran koperasi mampu menciptakan lapangan pekerjaan.

“Tadi kita berdiskusi sama Pak Sekda, banyak orang berimajinasi koperasi hanya sebatas simpan pinjam, namun tidak demikian. Simpan pinjam bagian dari kegiatan kelembagaan koperasi tetapi masih banyak kegiatan lain,”ucapnya.

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Sumut Naslindo Sirait menyebut, berbagai kompetisi telah dilaksanakan untuk memeriahkan peringatan Hari Koperasi ke-77 tahun tingkat Sumut, yakni Lomba Gerakan Ide Bisnis  Koperasi Pemuda  (Login Koperasi), Lomba Essay Koperasi, Lomba Cover Mars Koperasi, Pemilihan Duta Koperasi Sumut.

“Hari ini kita melaksanakan senam sehat, bazaar, pengobatan gratis, pasar murah, pemeriksaan kesehatan. Ini kita lakukan untuk merefleksi kembali gerakan koperasi untuk memperkuat gerakan koperasi di Sumut menjadi lebih hebat dan menyala lagi,” jelasnya.(red01)

iklan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *