Pj Gubernur Harapkan Koperasi Sebagai Pelampung Ekonomi Bisa Lebih Maksimal Lagi di Sumut 

Pejabat Gubernur Sumut Agus Fatoni saat launching  Gerakan Berkoperasi Serentak se-Sumut,(foto.Diskominfo BB)

MEDAN.Ersyah.com l Sebagai komitmen nyata dalam meningkatkan perekonomian daerah melalui koperasi, Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Agus Fatoni melaunching Gerakan Berkoperasi Serentak se-Sumut, Senin (22/7/2024) di Aula Raja Inal Siregar (RIS), Kantor Gubernur Sumut, Medan.

Dalam Launching yang dilaksanakan pada acara puncak perayaan Hari Koperasi ke-77, Sumut itu turut hadiri Walikota Medan M Bobby Afif Nasution, Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga, Anggota DPR RI Gus Irawan Pasaribu, Forkopimda Sumut, seluruh Pimpinan OPD Sumut dan Kabupaten/Kota, pengurus koperasi, mahasiswa dan peserta lainnya.

Agus Fatoni berharap Koperasi tetap maju yang terus menjadi kebanggaan di Sumut.

iklan

“Koperasi menjadi semangat kita bersama untuk bisa mengembangkan ekonomi di Sumatera Utara. Perkembangan saat ini menunjukkan peningkatan yang diinginkan dan ini perlu kita ingatkan baik dari sisi kualitas maupun dari sisi kuantitas, tujuannya agar koperasi sebagai soko guru atau pelampung perekonomian masyarakat bisa lebih maksimal lagi,”kata Agus Fatoni.

Ia menyebut,koperasi akan menjadi semangat bersama untuk mengembangkan ekonomi dan perkembangan koperasi Sumut menunjukkan peningkatan yang signifikan dan perlu ditingkatan baik dari sisi kualitas maupun kuantitas.

“Jumlah koperasi di Sumut sekitar 13.300 lebih dan ini akan berkembang terus. Tahun 2023 pertumbuhan koperasi mencapai 2,97%. Begitupun dengan pertumbuhan anggotanya 10,12%,”ujarnya.

Fatoni mengaku merasa bangga dengan jumlah koperasi dan anggota koperasi yang cukup banyak dan saat ini tercatat total anggota koperasi di Sumut mencapai 1,6 juta, jika dibanding jumlah penduduk Sumut sekitar 10,94% yang berkoperasi.

Bahkan, pertumbuhan aset koperasi sebesar 3,7% yang dibarengi dengan peningkatan Sisa Hasil Usaha (SHU) 7,97%. Angka ini menunjukkan terjadinya peningkatan kualitas usaha di koperasi.

“Kemajuan ini memberikan semangat dan motivasi bagi kita semua untuk terus  berperan penting dalam menciptakan perekonomian masyarakat, sekaligus pemerataan yang berkeadilan untuk bisa menjadi koperasi,”ucap Fatoni.

Deputi Bidang Perkoperasian Kementerian Koperasi dan UKM RI Ahmad Zabadi menyampaikan, Hari Koperasi ke-77 tahun 2024 merefleksikan bagaimana agar peran koperasi di Tanah Air semakin strategis. Dan berkaitan menjawab tentang krisis dan ketidakpastian, khususnya untuk menaikkan income masyarakat lima kali lipat di tahun 2045.

“Inilah peran koperasi menjadi sangat penting untuk melengkapi ekosistem ekonomi usaha rakyat agar tumbuh. Bahkan di sektor pertanian pedesaan koperasi telah menjadi lembaga keuangan utama dalam penentuan pembiayaan usaha,”sebutnya.

Zabadi, pemerintah ingin mewujudkan koperasi sebagai ekosistem yang mampu mengkonsolidasi serta mengakselerasi peran UMKM agar tumbuh lebih kuat sehingga memiliki daya saing tinggi.

Amatan warga, Hari Koperasi ke-77 di Sumut dimeriahkan dengan pemberian penghargaan kepada sejumlah kabupaten/kota, tokoh penggerak koperasi, serta pemenang Duta Koperasi.(red01)

iklan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *