Peparnas XVII di Jateng,Sumut Raih 28 Emas, 26 Perak dan 19 Perunggu

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Sumut Ilyas Sitorus saat menyambut kontingen di Bandara Kualanamu Deliserdang.(Foto. Diskominfo BB)

DELISERDANG.Ersyah.com l Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Sumut) dengan bangga mengumumkan bahwa kontingen Sumut telah berhasil meraih peringkat lima pada

Dalam Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) XVII tahun 2024 di Jawa Tengah (Jateng), kontingen dari Sumatra Utara (Sumut) berhasil meraih peringkat lima dengan perolehan total 73 medali, terdiri dari 28 emas, 26 perak, dan 19 perunggu.

“Atas capaian ini, Pemerintah provinsi Sumatera Utara (Pemprov Sumut) sangat bangga dan senang dengan pencapaian kontingen  yang berhasil menempati peringkat lima. Atas nama Pemerintah Provinsi Sumut, Pj Gubernur Agus Fatoni mengucapkan selamat kepada seluruh atlet yang telah mengharumkan nama Sumut,” ujar Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Sumut, Ilyas Sitorus, yang mewakili Pj Gubernur Agus Fatoni saat menyambut kontingen Peparnas Sumut, Minggu (13/10/2024) di Bandara Kualanamu, Deliserdang.

iklan

Ilyas menekankan bahwa prestasi yang diraih oleh Sumut pada Peparnas kali ini mengalami peningkatan dibandingkan dengan penyelenggaraan sebelumnya. Pada Peparnas Papua, Sumut hanya berhasil meraih 27 medali emas, sedangkan pada tahun 2024 ini jumlahnya meningkat menjadi 28 medali emas.

“Kami sangat mengapresiasi dedikasi para atlet Sumut yang telah berjuang dengan penuh semangat. Kami berharap prestasi anak-anak kita terus meningkat dan menjadi inspirasi bagi generasi muda Sumut untuk berjuang tanpa henti,” tambah Ilyas.

Komitmen Pemerintah Provinsi Sumut untuk terus mendukung kemajuan atlet daerah. Sinergi dari berbagai pihak, termasuk keluarga, pelatih, dan masyarakat, untuk mencapai prestasi yang lebih baik.

“Prestasi ini tidak hanya hasil dari kerja keras atlet, tetapi juga dukungan dari berbagai pihak. Semangat persatuan dan dukungan yang positif, kita akan terus mendukung perkembangan olahraga di Sumatera Utara,” ungkap Ilyas.

Salah satu atlet cabang olahraga lari, Mian Sirait, berhasil meraih dua medali emas dan satu perunggu, apresiasi atas dukungan yang diberikan Pemerintah Provinsi Sumut.

“Sambutan yang kami terima sangat luar biasa. Kami merasa dihargai atas perjuangan dalam mengharumkan nama Sumut selama Peparnas,”sebut Mian.

Ketua National Paralympic Committee Sumut, Alan Sastra Ginting, menyatakan dukungan yang diberikan Pemerintah Provinsi Sumut sangat besar dalam pencapaian prestasi kontingen Sumut meraih prestasi yang membanggakan.

Alan jug betharap agar bonus yang diterima atlet Peparnas dapat sebanding dengan yang diterima atlet PON.

“Kami berharap agar atlet Peparnas juga mendapatkan bonus yang layak, tanpa adanya perbedaan perlakuan,”tutur Alan.

Kontingen Sumut dikirim 164 orang, yang terdiri dari 99 atlet, 34 atlet cadangan, 30 ofisial, dan satu ketua kontingen. Selain meraih peringkat lima secara keseluruhan, Sumut juga berhasil meraih juara umum pada cabang olahraga Para Taekwondo dengan perolehan 5 medali emas, 2 perak, dan 1 perunggu.(red01)

iklan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *