LKPD APBD Batubara 2020 Disetujui

Foto: Bupati Batubara Ir Zahir MAP saat menandatangani berita acara LKPD APBD tahun 2020 disaksikan Ketua DPRD M Safi’i SH dan para wakil Ketua.(ersyah/ist)

BATU BARA.Ersyah.com l Melalui Rapat Paripurna bersama DPRD Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Pemerintah Kabupaten Batubara tahun 2020, Senin (5/7/21) disetujui.

Penandatanganan berita acara persetujuan Ranperda pertanggung jawaban APBD ini keseluruhan  Fraksi di DPRD Batubara menyetujui LKPD dan Ranperda tersebut.

Bupati Batubara Ir Zahir MAP menyampaikan,  Pemerintah Kabupaten Batubara telah berupaya menyusun laporan keuangan berdasarkan prinsip-prinsip akuntansi yang berlaku, sehingga tujuan laporan keuangan pemerintah daerah berguna untuk pengambilan keputusan, serta menunjukkan akuntabilitas manajerial yang transparan.

iklan

Selain LKPD Kabupaten Batubara tahun Anggaran 2020 menurut Bupati Zahir, turut juga disampaikan kepada DPRD Kabupaten Batubara, laporan keuangan yang telah diperiksa atau di audit Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI yang diberikan Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP). Pemberian opini tersebut berdasarkan:

1. Tidak terjadi kekurangan dana kas di bendahara pengeluaran SKPD.

2. Penerbitan SP2D Tidak melewati tahun anggaran (OUT STANDING)

3.Penyajian angka laporan keuangan dapat dipertanggungjawabkan.

4.Penataan persediaan sudah memadai.

5.Keinginan untuk memperbaiki laporan keuangan semakin tinggi.

“Penyajian LKPD untuk tahun berikutnya dapat disajikan secara wajar, sekaligus memperkokoh terwujudnya transparansi dan akuntabilitas pengelolaan keuangan daerah yang lebih baik. Langkah yang menjadi prioritas utama dan mendesak yang harus ditempuh,”terangnya.

Kemudian, langkah yang menjadi prioritas utama dan mendesak yang harus ditempuh Pemkab Batubara adalah:

1. Membangun sistem pengendalian intern yang baik di setiap OPD. Meningkatkan jumlah dan kualitas sumber daya manusia (SDM) yang memiliki latar belakang pendidikan dan pelatihan di bidang keuangan bagi petugas pengelolaan keuangan daerah.

2. Menempatkan tenaga profesional  meningkatkan peran dan fungsi pada inspektorat.

“Terima kasih kepada seluruh anggota DPRD Batubara yang tetap memantau dan memberikan masukan tentang kinerja Pemerintah Kabupaten Batubara. Tentunya kami akan berusaha bekerja lebih baik untuk masyarakat Kabupaten Batubara,”janji Bupati Zahir.(red.01)

iklan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *