Inalum Kolaborasi Kelompok Tani Milenial Panen Melon

Panen perdana budidaya melon kelompok tani melenial kolaborasi Inalum.(Ersyah/mn)

ASAHAN.Ersyah.com l PT Inalum kolaborasi antara kelompok tani melenial Karang Taruna Desa Aek Songsongan,  Kecamatan Aek Sosongan, Kabupaten Asahan, panen melon. Program budidaya melon tersebut merupakan salah satu komitmen perusahaan dalam menciptakan pertumbuhan ekonomi baru di kawasan sekitar operasional perusahaan.

Corporate Secretary Inalum Mahyaruddin Ende menyebut, program kolaborasi itu merupakan komitmen dalam mewujudkan kemandirian dan pemberdayaan masyarakat, khususnya untuk anak-anak muda.

“Inalum berharap, kolaborasi kreatif dan produktif ini bisa terus berjalan, sesuai tujuan utama perusahaan untuk bisa mengembangkan pemberdayaan masyarakat bisa terwujud,”kata Mahyaruddin Ende.

iklan

Menurutnya, Inalum sebagai bagian dari Indonesia memiliki komitmen untuk bisa memberikan manfaat yang sebesar-besarnya kepada masyarakat khususnya anak muda, salah satunya melalui kolaborasi produktif seperti pertanian.

“Kami berharap kegiatan positif bisa memberikan manfaat bagi masyarakat, tidak hanya dengan binaan perusahaan, tetapi juga bermanfaat yang berkelanjutan,”ujar Ende.

Inalum melakukan pembinaan kepada kelompok petani melon milenial di Desa Aek Songsongan, kemitraan ini berbentuk dukungan perusahaan untuk menghadirkan kebun melon dengan memanfaatkan lahan di bawah jalur transmisi Inalum dengan luasannya 2.1 Ha.

“Di tangan para milenial, profesi petani tak hanya sekadar aktivitas menanam dan memanen. Namun, Inalum berharap petani yang lahir di generasi digital ini  bisa menjadi penggerak peningkatan nilai tambah sektor pertanian berbasis teknologi dan informasi yang mumpuni,”harapan Ende.

Sementara itu, Senior VP CSR/TJSL Inalum Daniel JP Hutauruk menyebut kerjasama produktif bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar lebih keberlanjutan. Rencana ke depan tidak hanya melon dan cabai atau bawang saja, tetapi akan mencoba untuk melakukan budidaya komoditas agro lain.

“Tidak hanya tanaman melon, di lokasi juga tengah dilakukan penanaman jagung, cabai, kacang panjang, mentimun, ubi kayu, terong, pepaya, semangka, jeruk. Kedepannya kita harapkan dengan adanya berbagai jenis tanaman dapat menjadi kawasan integrated farming untuk mendapatkan agroekosistem yang mendukung produksi pertanian.Melalui kebun ini dapat juga mengangkat perekonomian kawasan setempat dengan memanfaatkan lahan di bawah jalur transmisi Inalum,”ucap Daniel.

Ketua Karang Taruna Desa Aek Songsongan Eko Pranolo mengatakan, Inalum bersama Pemerintah Kecamatan Aek Songsongan terus mendorong dan memberikan banyak ruang bagi pemuda petani milenial untuk bekreasi dalam pengenalan dan pemanfaatan teknologi pertanian.

“Pemberdayaan masyarakat PT Inalum tidak hanya berdampak pada peningkatan kapasitas pemuda dalam bidang pertanian, namun pengenalan dan penggunaan akan teknologi untuk percepatan pengelolaan pertanian tidak luput dari perhatian,”katanya.

Kelompok petani milenial yang  tergabung Karang Taruna Desa Aek Songsongan berterima kasih kepada PT Inalum.(mn)

iklan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *